kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.085
  • SUN98,24 -0,14%
  • EMAS600.960 -1,65%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Tularkan etos kerja keras ke semua pegawainya (4)

Jumat, 23 Februari 2018 / 15:40 WIB

Tularkan etos kerja keras ke semua pegawainya (4)
ILUSTRASI. FENOMENA - Judith R Faulkner

KONTAN.CO.ID - Menjalankan pekerjaan dengan sepenuh hati hati membentuk sosok Judith R. Faulkner sebagai pebisnis yang andal. Dia sangat mengutamakan kualitas produk dan layanan kepada klien yang menggunakan perangkat lunaknya. Judy, panggilan akrabnya, selalu mengajak pegawainya memaksimalkan potensi yang ada untuk menciptakan produk yang terbaik. Itu yang membuat produknya dikenal memiliki kualitas tinggi yang membuat pelanggannya terus bertambah.

Berhasil menelurkan perangkat lunak penyedia informasi kesehatan pasien, tak lantas membuat jalan Judith R. Faulkner mulus untuk mengenalkan produk ini ke publik. Kantor yang didirikan Judy, panggilan akrabnya, memiliki awal yang berantakan. Judy, Dr. Greist, dan co-founder lainnya memulai produk awal Epic yang bernama Human Services Computing dari sebuah basement di Madison pada tahun 1979.

Perangkat keras yang digunakan Judy pada awal pengembangan produknya menggunakan data General Eclipse, sebuah komputer mini. Piranti elektronik ini pada masanya tidak bisa dibandingkan dengan komputer zaman sekarang. Sekecil-kecilnya komputer Judy, sasisnya masih sebesar lemari es.

Dengan berbagai barang yang berserakan di basement di Madison itu, Judy dan tim lebih merasa sedang piknik ketimbang bekerja. Tetapi lantaran Judy memang sosok pekerja keras, apapun kondisinya akan tetap dia jalani.

Jane Jiumaleh yang pernah bekerja sebagai trainer untuk calon karyawan di Epic mengatakan, Judy merupakan tipikal pekerja keras. Ia tipe orang yang bisa bekerja seharian tanpa merasa lelah.

Yang lebih mengerikan lagi, Judy kerap mengajak rekan kerjanya untuk melakukan hal yang sama. “Kau akan begadang juga malam ini,” kata Jiumaleh sambil menirukan Judy.

Judy bersikeras untuk bisa membuat alat yang menyimpan informasi medis dari ratusan ribu orang secara real time. Alat itulah yang dikemudian hari, menolong banyak dokter dalam pekerjaannya dan menolong ribuan pasien yang membutuhkan perawatan medis yang tepat.

Seorang manajer Epic bahkan mendeskripsikan Judy sebagai sosok yang tidak bisa menolerir kalimat, “Ini terlalu sulit untuk dikerjakan,”. Sebaliknya Judy kerap membalas kata-kata itu dengan, “Ini adalah hal terbaik yang kita harus lakukan, cari caranya!”.

Bahkan dalam budaya bekerja di Epic, ada istilah hiperbolik yang menyatakan, “Bekerja dengan Judy sama panasnya dengan berjalan di atas matahari”. Istilah itu, sudah umum diketahui oleh karyawan di Epic.

Judy juga terkenal dengan semua yang serba eksklusif. Berbagai informasi data pasien yang masuk ke perangkat lunak Epic tidak bisa ditransfer ke perangkat lunak lainnya. Seluruh komponen perangkat lunak yang dibutuhkan dibuat oleh Epic. Tidak ada satu komponen perangkat lunak yang dibeli dari perusahaan lain.

Berdasarkan riset dari lembaga IT medis KLAS Erik Bermudez, tidak ada satupun klien Epic yang kecewa dengan kemampuan perangkat lunak Epic. Sekalipun ada, hanya US Coast Guard yang membatalkan kontrak sebesar US$ 14 juta kepada Epic. Itupun, pihak US Coast Guard belum mencoba fitur Epic dan itu terjadi karena kesalahpahaman.

Judy juga menolak tawaran perusahaan modal ventura untuk pengembangan bisnisnya. Judy memilih berjuang sendiri. Sebab, dengan mendapat permodalan dari pihak lain, mereka suatu saat akan minta pengembalian investasi serta berbagai tuntutan, yang menurut Judy, hanya mengganggu pekerjaannya  saja.

Dr. Bull Hanson, Kepala Petugas Informasi Medis di University of Pennsylvania yang telah menggunakan perangkat lunak Epic sejak 1998 mengatakan, pelayanan dan produk Epic selalu memuaskan. Dari bisnis layanan kesehatan ini pula yang membawa Judy kini masuk dalam catatan Forbes sebagai salah satu perempuan terkaya di Amerika Serikat. Produk Epic kini sudah memegang 54% catatan medis pasien di Amerika Serikat .         

(Selesai)


Reporter: Harry Muthahhari
Editor: Tri Adi

JUDITH R. FAULKNER

Komentar
TERBARU

KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0009 || diagnostic_api_kanan = 0.0434 || diagnostic_web = 0.2545

Close [X]
×