kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan China tengah menjajaki pembelian produk-produk pertanian AS


Senin, 22 Juli 2019 / 14:33 WIB
Perusahaan China tengah menjajaki pembelian produk-produk pertanian AS


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Sejumlah perusahaan China tengah menjajaki pembelian produk pertanian Amerika Serikat (AS). Hal itu diberitakan media resmi pemerintah China Xinhua pada hari Minggu, mengutip pihak berwenang, ketika Beijing dan Washington tengah mencari cara mengakhiri perang dagang yang berlarut-larut.

Mengutip Reuters, Senin (22/7), Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping sepakat pada KTT G20 lalu di Osaka, Jepang untuk memulai kembali pembicaraan perdagangan yang terhenti sejak Mei.

Baca Juga: Korea Selatan-Jepang memanas, Trump kirim John Bolton sambangi kedua negara

Pada saat itu, Trump berjanji tidak akan mengenakan tarif baru dan pejabat AS mengatakan China setuju untuk melakukan pembelian produk pertanian AS. Namun pada 11 Juli lalu, Trump protes karena China dinilai tidak memenuhi janjinya untuk membeli produk-produk pertanian AS.

Setelah protes tersebut, sejumlah perusahaan asal Tiongkok tengah melakukan negosiasi dengan sejumlah eksportir AS untuk membeli produk-produk pertanian AS dan mengajukan permohonan pencabutan tarif.

Baca Juga: China akan hapus batas kepemilikan asing untuk asuransi dan sekuritas pada tahun 2020

Komisi Tarif Bea CUkai China akan mengatur agar para ahli menilai aplikasi pengecualian tarif perusahaan China. "Departemen-departemen China yang relevan menyatakan harapan bahwa Amerika Serikat akan bertemu China di tengah jalan, dan dengan sungguh-sungguh melaksanakan janji-janji yang relevan dari Amerika Serikat," kata kantor berita itu, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Dua ekonomi terbesar di dunia telah tersebut terlibat dalam pertarungan tarif sejak Juli 2018, ketika Amerika Serikat menekan China untuk mengatasi apa yang dilihatnya sebagai praktik perdagangan tidak adil dan ilegal selama beberapa dekade.

Baca Juga: Di tengah perang dagang dengan AS, China ingin perbanyak impor kedelai dari Rusia

China telah membantah bahwa setiap kesepakatan perdagangan harus adil dan merata, yang memberikan pesan bahwa kedua belah pihak masih jauh dari kesepakatan untuk mengakhiri bolak-balik yang telah mengguncang rantai pasokan global dan meningkatkan pasar keuangan.

Hu Xijin, pemimpin redaksi surat kabar Global Times nasionalis China, mentweet dalam bahasa Inggris pada hari Minggu sebelumnya bahwa importir China telah memulai pengaturan untuk membeli produk pertanian AS dan menyarankan agar Amerika Serikat dan China segera dapat melanjutkan pembicaraan perdagangan langsung.

Baca Juga: Trump sebut AS-China masih menempuh jalan panjang mencapai kesepakatan dagang

“Ini adalah bagian yang menonjol dari pihak China karena kedua negara telah mengisyaratkan niat baik satu sama lain baru-baru ini. Ini juga menunjukkan bahwa konsultasi perdagangan China-AS akan segera dimulai kembali,” kata Hu.

Trump mengatakan pada hari Jumat bahwa Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin melakukan pembicaraan yang sangat baik dengan rekan China-nya sehari sebelumnya. Dia juga memuji kinerja ekonomi AS dan mengatakan China tidak melakukan dengan sangat baik.

Baca Juga: Jepang dan AS kemungkinan menjalin kesepakatan perdagangan pada September mendatang

China telah mengkonfirmasi bahwa Wakil Perdana Menteri Liu He dan Menteri Perdagangan Zhong Shan berbicara melalui telepon pada hari Kamis dengan Mnuchin dan Perwakilan Dagang Robert Lighthizer mengenai "konsultasi lebih lanjut, serta implementasi konsensus presiden yang dicapai di Osaka".

China melakukan pembelian sorgum AS terbesar sejak April awal bulan ini, menurut data Departemen Pertanian AS yang dikeluarkan pada hari Kamis.

China, yang merupakan importir kedelai top dunia, juga membatalkan pembelian 9,853 metrik ton kedelai AS bulan ini, menurut data USDA Kamis. Itu adalah pembatalan bersih kedelai mingguan pertama China sejak April.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×