2 Langkah Menyingkirkan Kebiasaan Buruk ala Warren Buffett Agar Hidup Sukses

Senin, 06 Juni 2022 | 09:27 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
2 Langkah Menyingkirkan Kebiasaan Buruk ala Warren Buffett Agar Hidup Sukses

ILUSTRASI. Ada satu nasihat klasik Warren Buffett yang mungkin merupakan titik awal yang baik untuk mengatasi rintangan hidup.


KONTAN.CO.ID - Jika Anda seorang pelajar, penggemar, atau pengikut Warren Buffett, Anda mungkin mengetahui banyak kiat suksesnya untuk berinvestasi dengan lebih baik atau menjalani kehidupan yang lebih baik.

Ada satu nasihat klasik Warren Buffett yang mungkin merupakan titik awal yang baik untuk mengatasi rintangan yang mungkin menghalangi Anda mencapai tujuan.

Nasihat itu adalah menyingkirkan kebiasaan buruk. Menurut Buffett, kebiasaan buruk bisa menghancurkan hidup seseorang.

"Saya melihat orang-orang dengan pola perilaku merusak diri sendiri ini. Mereka benar-benar terperangkap olehnya," kata Buffett seperti yang dikutip dari Inc. 

Dia lantas menyarankan generasi muda untuk belajar dan mempraktikkan kebiasaan baik sejak dini sebelum terlambat. 

Kuncinya, kata Buffett, adalah menangkapnya lebih awal dan mengubah kebiasaan itu sebelum mengubah Anda menjadi lebih buruk. 

Baca Juga: Manajer Pengelola Kekayaan George Soros Ingatkan Resesi Sudah di Depan Mata

"Anda dapat menyingkirkannya jauh lebih mudah di usia Anda daripada di usia saya, karena sebagian besar perilaku adalah kebiasaan," paparnya. 

Dia menambahkan, "Rantai kebiasaan terlalu ringan untuk dirasakan sampai terlalu berat untuk dipatahkan."

Apakah Anda lulus dari perguruan tinggi atau sekolah yang sulit, kebiasaan dapat diubah kapan saja, berapa pun usia atau tahap kehidupan dalam perjalanan karier Anda.

Jika Anda ingin mengubah kebiasaan yang tidak lagi berguna bagi Anda, ada satu hal yang akan membuat transisi Anda jauh lebih mudah.

1. Mengubah lingkungan Anda

Ini mungkin cara termudah untuk mengubah kebiasaan yang tidak diinginkan yang tidak lagi berfungsi atau membuat Anda terjebak dalam kebiasaan, tetapi itu akan membutuhkan keberanian. 

Sejujurnya, lingkungan dapat memanipulasi pengambilan keputusan seseorang lebih dari yang dipikirkan. 

Evaluasi kembali orang-orang yang bergaul dengan Anda secara profesional, dan pilih dengan cermat jenis orang yang akan berkontribusi pada pertumbuhan dan kesejahteraan Anda.

Lingkungan Anda dapat memicu pikiran dan keinginan tertentu, menyebabkan Anda berperilaku dengan cara yang tidak Anda inginkan. Jadi, ubah lingkungan Anda dan Anda akan melatih kembali otak Anda untuk membuat pilihan lain.

Baca Juga: Warren Buffett Berinvestasi Seperti Seorang Gadis, Ini Maksudnya

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru