kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aksi ekspansi selalu menggunakan modal sendiri (3)


Sabtu, 27 April 2019 / 09:25 WIB
Aksi ekspansi selalu menggunakan modal sendiri (3)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tri Adi

Penjualan Wildberries terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun berkat ekspansi tak henti Tatyana Bakalchuk. Lini produk yang dijual di e-commerce tersebut terus bertambah. Jumlah pick up point juga terus ditambah untuk memangkas waktu pengiriman barang sehingga pesanan para konsumen bisa sampai lebih cepat. Pada kuartal pertama tahun 2019 ini, penjualan perusahaan tersebut sudah melejit hingga 85%.

Tatyana Bakalchuk sukses membawa perusahaan e-commerce Wildberries menjadi pengecer online terbesar di Rusia. Meskipun sudah mulai menapaki puncak hanya dalam tiga tahun, perempuan terkaya di negaranya ini tidak berhenti melakukan ekspansi.

Dengan kerja kerasnya, Tatyana membawa perusahaan yang ia rintis sejak tahun 2004 terus tumbuh dari tahun ke tahun. Penjualan Wildberries melesat dengan rata-rata pertumbuhan antara 20% sampai 70% per tahunn.

Pada kuartal I-2019, Wildberries mengumumkan mencapatkan pertumbuhan pendapatan sebesar US$ 603 juta. Pencapaian tersebut melesat 85% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Jumlah pesanaan yang diproses mengalami pertumbuhan 89%.

Segmen yang tumbuh paling tinggi pada kuartal pertama adalah elektronik, peralatan kantor, serta peralatan rumah tangga dan dapur. Widlberry juga mencatat pertumbuhan signifikan dalam pesanan sepatu online dan pakaian.

Pertumbuhan itu sejalan dengan perluasan lini produk yang dilakukan Wildberries dan pengembangan jaringan pengambilan poin. Di kuartal pertama tahun ini, Wildberry telah membuka 800 pick-up point baru sehingga totalnya sudah mencapai 3.700 pick-up point yang beroperasi di Rusia, Belarus, Kazakstan, Armenia dan Kirgistan.

Melesatnya Wildberries tidak terlepas dari strategi yang dilakukan Tatyana, yakni layanan pick up point dan menawarkan pembelian cicilan dengan minimum pembelian RUB 1.000. Saat ini, Wildberry menjadi superstore online pertama Rusia dan menjadi salah satu dari empat perusahaan internet paling berharga Rusia.

Sekarang, perusahaan e-commerce itu juga telah menjual lebih dari 10.000 jenis produk. Kehadiran Wildberries telah mendorong pertumbuhan tingkat belanja secara online di Rusia meningkat.

Berdasarkan riset Nielsen, sebanyak 90% dari Rusia telah melakukan setidaknya satu pembelian online dalam sepuluh tahun terakhir. Transaksi tersebut sebagai hasil dari meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap toko online.

Tidak banyak ulasan mengenai strategi apa lagi yang akan dilakukan Tatyana dalam mengembangkan Wildberries. Maklum, wanita 43 tahun ini sangat menutup diri terhadap pemberitaan.

Dalam melakukan ekspansi, Tatyana akan mengandalkan modal sendiri. Dia tidak membuka diri terhadap investor. Oleh karena itu, Wildberries masih merupakan perusahaan pribadinya hingga saat ini. Keuntungan yang diraup perusahaan e-commrece itu otomatis masuk seluruhnya ke kantong Tatyana. Nilai perusahaanya saat ini ditaksir mencapai US$ 1,2 miliar.

Bisnis e-commerce di Rusia memang menggiurkan. Tahun lalu raksasa e-commerce China, Alibaba, menandatangani kemitraan strategis baru dengan sejumlah perusahaan Rusia. Mereka membentuk platform e-commerce baru dan memanfaatkan sistem pembayaran Rusia sendiri, yang dikenal dengan sebutan Mir.

Alibaba akan menyumbang cabang e-commerce lokal, AliExpress Rusia dengan kemitraan yang memungkinkan perusahaan Tiongkok tersebut menjangkau lebih banyak pengguna di Rusia. Ia juga mengatakan akan mempertimbangkan suntikan uang ke dalam usaha itu.

Alibaba juga akan menyerahkan kendali bisnis di Rusia untuk membentuk kemitraan. Perusahaan China ini akan memiliki sebesar 48% kepemilikan AliExpress Rusia. Sedangkan entitas Rusia mengambil 52%. Ide kerjasama tersebut adalah memberi peningkatan akses untuk Alibaba di pasar Rusia.

(Bersambung)




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×