kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,76   3,43   0.38%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Alasan Kemanusiaan, Rusia Umumkan Gencatan Senjata di 2 Kota Ukraina Ini


Sabtu, 05 Maret 2022 / 15:44 WIB
Alasan Kemanusiaan, Rusia Umumkan Gencatan Senjata di 2 Kota Ukraina Ini
ILUSTRASI. Warga menunggu di luar pusat akomodasi sementara setelah menyelamatkan diri dari invasi Rusia di Ukraina, di Korczowa, Polandia, Kamis (3/3/2022). Rusia mengumumkan gencatan senjata di dua kota Ukraina. REUTERS/Yara Nardi


Sumber: Channel News Asia,Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Rusia mengumumkan gencatan senjata pada Sabtu (5/3) untuk memungkinkan perjalanan yang aman bagi warga sipil keluar dari Kota Mariupol dan Volnovakha di Ukraina, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan.

"Dari pukul 10 pagi waktu Moskow, pihak Rusia mengumumkan gencatan senjata dan pembukaan koridor kemanusiaan untuk memungkinkan warga sipil meninggalkan Mariupol dan Volnovakha," kata Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip Channel News Asia.

Pengumuman itu muncul setelah Wali Kota Mariupol Vadim Boychenko mengatakan pada Sabtu (5/3), wilayahnya berada di bawah "blokade"  pasukan Rusia setelah berhari-hari serangan "kejam".

Saat mengepung Mariupol selama berhari-hari, pasukan Rusia memutus aliran listrik, makanan, air, pemanas, dan transportasi di tengah musim dingin, yang mendorong perbandingan dengan blokade Nazi di Leningrad dalam Perang Dunia II.

Baca Juga: 15 Negara dengan Kekuatan Militer Terbesar Ada Indonesia, Ini Pasukan dan Senjatanya

"Untuk saat ini, kami mencari solusi untuk masalah kemanusiaan dan semua cara yang mungkin untuk mengeluarkan Mariupol dari blokade," kata Boychenko, menyerukan gencatan senjata dan koridor kemanusiaan untuk makanan dan obat-obatan.

Melansir Reuters, di Mariupol, warga akan diizinkan keluar selama lima jam, menurut pejabat kota itu.

Tidak ada konfirmasi segera apakah penembakan telah berhenti, dan tidak jelas apakah gencatan senjata akan diperluas ke daerah lain, atau berapa lama akan berlangsung, saat invasi Rusia ke Ukraina memasuki hari kesepuluh.

Hanya, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan serangan luas akan berlanjut di Ukraina, kantor berita RIA melaporkan seperti Reuters lansir. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×