kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Alibaba akuisisi STO Express senilai US$ 693 juta


Senin, 11 Maret 2019 / 20:23 WIB

Alibaba akuisisi STO Express senilai US$ 693 juta

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Perusahaan raksasa e-commerce asal China, Alibaba Group Holdings Ltd. akan membeli 14% saham perusahaan ekspedisi China STO Express Co Ltd. Kesepakatan tersebut bernilai US$ 693 juta.

Pembelian ini menjadi kali keempat Alibaba dalam menanamkan kepemilikannya di perusahaan ekspedisi China. Sebelumnya, perusahaan ini telah mengakuisisi YTO Express Group Co. Ltd., Best Inc, dan ZTO Express (Cayman) Inc.


Pihak Alibaba mengatakan, pembelian ini bertujuan untuk mewujudkan salah satu akselerasi layanannya. Perusahaan ini bertekad untuk bisa menyelesikan pengiriman barang ke wilayah mana pun di China dalam waktu 24 jam dan 72 jam ke seluruh dunia.

STO Express akan bekerja untuk Alibaba di bawah divisi logistik Alibaba, yakni Cainiao. Cainiao menyediakan perangkat lunak dan berbagi data dengan gudang, operator, dan perusahaan logistik lainnya yang membantu mengirimkan paket ke pembeli di Tmall dan Taobao, situs e-commerce terbesar Alibaba.

Sejauh ini, Cainiao memang bekerja sama dengan beberapa perusahaan logistik untuk memastikan barang yang dikirim sesuai dengan apa yang dibayar pelanggan. Sayangnya, terkadang hubungan ini tidak berjalan baik.

Pada 2017 misalnya, perusahaan ekspedisi SF Express yang menerima pengiriman dari e-commerce Alibaba berselisih mengenai kepemilikan data pelanggan.

Berkat pembelian ini, saham STO Express melonjak pada saat perdagangan di Bursa Efek Shenzhen dibuka lebih tinggi 10%. Tidak berhenti sampai di situ, STO Express pada Senin (11/3) mengumumkan, pemegang saham pengendalinya berencana untuk menjual 29,9% saham baru.


Reporter: Nur Qolbi
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×