kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,40   2,76   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amazon ancam dominasi Google di bisnis periklanan


Senin, 28 Oktober 2019 / 09:37 WIB
Amazon ancam dominasi Google di bisnis periklanan
ILUSTRASI. Logo dan informasi harga saham Amazon.com terlihat di layar di Situs Pasar Nasdaq di New York City, New York, AS, 4 September 2018


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Amazon diprediksi akan menjadi pemain besar di bisnis di periklanan dan diprediksi bakal mengancam dominasi Goole. Hal ini terlihat dari laporan keuangan perusahaan e-commerce raksasa tersebut pada kuartal III 2019 dimana bisnis periklanannya disebut tumbuh menggila.

Mengutip CNBC, Jumat (25/10), penjualan bersih Amazon, terutama di sektor iklan sebesar US$ 3,59 miliar pada kuartal III atau naik US$ 2,50 miliar dibandingkan kuartal III 2018.

Baca Juga: Selisih kekayaan Jeff Bezos dan Bill Gates kian menipis

Pendapatan ini meningkat 45% year on year. Hal itu belum termasuk US$ 500 juta keuntungan akibat dampak perubahan nilai tukar asing pada kuartal tersebut.

Pendapatan iklan Amazon ini juga lebih tinggi dibandingkan kuartal pertama dan kedua tahun ini. Dimana Amazon mencatat pertumbuhannya year on year masing-masing sebesar 36% dan 37%.

Sektor iklan Amazon memang terbilang tangguh di dunia iklan digital. Kehadiran Amazon di bisnis iklan digital mengurangi dominasi Google di tahun-tahun mendatang menurut perkiraan eMarketer terbaru.

Baca Juga: MacKenzie, mantan istri Jeff Bezos menjadi orang terkaya ke-15 di daftar Forbes 400

Baru-baru ini juga di sebuah acara yang diadakan AdCon menampilkan daftar produk iklan Amazon yang berkembang pesat, menarik sekitar 400 orang di Seattle. 

CFO Amazon Brian Olsavsky mengatakan bahwa elemen terbesar dalam kategori lainnya di pendapatan perusahaan adalah periklanan yang tumbuh tinggi lebih 45%. Ia mengatakan, Amazon fokus pada pengalaman beriklan dan membantu bisnis menemukan, menarik dan melibatkan pelanggan.

"Ini semakin populer di kalangan vendor, penjual dan pengiklan pihak ketiga," tuturnya.

Baca Juga: Mengintip portofolio investasi Jeff Bezos, orang terkaya dunia

Ia menjelaskan, Amazon memanfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan iklan yang relevan.

"Ini masih dini, dan apa yang benar-benar kami fokuskan pada titik ini adalah relevansi, memastikan baha iklan itu relevan dengan pelanggan kami, membantu pelanggan kami," kata Olsavsky.

Amazon juga menambahkan lebih banyak pasokan iklan video terhadap produk-produk Fire TV-nya.

Baca Juga: Jeff Bezos dan Elon Musk balapan membawa internet ke tempat terpencil di bumi

Direktur Investor Relations Amazon Dave Fildes menambahkan bahwa mereka fokus memperluas penawaran vidoe dan over the top untuk merek.

Ia menjelaskan, apa yang dilakukan saat ini masih tahap awal. Ia menjelaskan mereka telah melakukan beberapa hal dengan IMDb TV, siaran langsung, olahraga, hal-hal seperti menambah lebih banyak inventaris melalui aplikasi Fire TV.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×