kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.425.000   10.000   0,41%
  • USD/IDR 16.643   -42,00   -0,25%
  • IDX 8.617   68,26   0,80%
  • KOMPAS100 1.189   7,78   0,66%
  • LQ45 855   3,60   0,42%
  • ISSI 305   2,18   0,72%
  • IDX30 439   -0,22   -0,05%
  • IDXHIDIV20 509   2,81   0,56%
  • IDX80 133   0,64   0,48%
  • IDXV30 139   1,08   0,78%
  • IDXQ30 140   0,30   0,22%

Amazon Pangkas Biaya Penjual Eropa, Lawan Ketat Shein dan Temu


Selasa, 02 Desember 2025 / 19:59 WIB
Amazon Pangkas Biaya Penjual Eropa, Lawan Ketat Shein dan Temu
ILUSTRASI. FILE PHOTO: FILE PHOTO: Amazon logo is seen in this illustration created on February 11, 2025. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - LONDON. Amazon memangkas biaya yang dibebankan kepada penjual di Eropa sebagai respons terhadap semakin ketatnya persaingan dari marketplace seperti Shein dan Temu, yang menjual pakaian, perlengkapan rumah, dan gawai dengan harga sangat rendah.

Dalam pernyataan pada Selasa, Amazon menyebut langkah ini sebagai salah satu pemotongan biaya terbesar yang pernah dilakukan perusahaan. Fokus utama pengurangan biaya ini ditujukan untuk penjual produk fesyen berharga murah.

Amazon menurunkan referral fee untuk kategori pakaian dan aksesori menjadi 5% dari sebelumnya 7% untuk produk dengan harga hingga 15 euro (US$ 17,41) atau 15 pound (US$ 19,79). Untuk produk dengan harga 15–20 euro atau pound, biaya rujukan dipangkas menjadi 10% dari sebelumnya 15%. Kebijakan ini mulai berlaku pada 15 Desember.

Baca Juga: Amazon Akan Terbitkan Obligasi US$15 Miliar untuk Danai Ekspansi Infrastruktur AI

Sebagai pembanding, Shein mengenakan referral fee  sebesar 10% untuk situs Uni Eropa dan 12,24% untuk Inggris, dengan biaya nol untuk penjual baru selama 30 hari pertama, menurut informasi di situs resminya.

“Seiring kami terus menurunkan biaya operasional melalui peningkatan efisiensi dan inovasi, kami meneruskan penghematan ini kepada para mitra penjual,” kata Amazon dalam pernyataannya.

Shein, yang dikenal menjual atasan seharga 3 euro dan celana jeans mulai dari 8,20 euro, telah merebut pangsa pasar dari peritel fesyen cepat Eropa dan menantang dominasi Amazon dengan marketplace yang menawarkan produk mulai dari penutup duvet hingga penyedot debu.

Amazon masih menjadi platform e-commerce terbesar di Jerman, Prancis, dan berbagai negara Eropa lainnya. Pendapatan pasar e-commerce Eropa diperkirakan tumbuh 7% menjadi 900 miliar euro tahun ini, menurut asosiasi industri Ecommerce Europe.

Selain di kategori fesyen, Amazon juga akan menurunkan biaya rujukan untuk produk rumah tangga menjadi 8% dari 15% untuk barang seharga hingga 20 euro atau pound, mulai 1 Februari. Penurunan biaya juga berlaku untuk pakaian hewan peliharaan, bahan makanan, dan vitamin.

Baca Juga: Saham Amazon Rekor, Kekayaan Jeff Bezos Bertambah Rp 396 Triliun dalam Sehari

Amazon turut memangkas biaya pemenuhan pesanan (fulfilment fees) rata-rata sebesar 0,32 euro atau 0,26 pound untuk pengiriman di Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, dan Inggris, yang mulai diberlakukan pada 15 Desember.

Selanjutnya: Blibli Perkuat Keamanan Digital dan Pertahankan Sertifikasi ISO Jelang Harbolnas

Menarik Dibaca: Peringatan Dini BMKG Cuaca Besok (3/12), Provinsi Ini Alami Hujan Sangat Deras




TERBARU
Kontan Academy
Mitigasi, Tips, dan Kertas Kerja SPT Tahunan PPh Coretax Orang Pribadi dan Badan Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM)

[X]
×