kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ASEAN pada Prinsipnya Setuju Mengakui Timor-Leste Sebagai Anggota ke-11


Jumat, 11 November 2022 / 14:14 WIB
ASEAN pada Prinsipnya Setuju Mengakui Timor-Leste Sebagai Anggota ke-11
ILUSTRASI. Timor-Leste akan diakui "pada prinsipnya" sebagai negara anggota ke-11 ASEAN, kata para pemimpin Asia Tenggara yang berkumpul di Phnom Penh


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Timor-Leste akan diakui sebagai negara anggota ke-11 ASEAN, kata para pemimpin Asia Tenggara yang berkumpul di Phnom Penh dalam sebuah pernyataan, Jumat (11 November).

Negara ini akan diberikan status pengamat pada pertemuan ASEAN, termasuk pada pleno KTT. Pernyataan itu mengatakan bahwa akan ada "peta jalan berbasis kriteria objektif" untuk keanggotaan penuh Timor-Leste.

Para pemimpin telah membahas hal ini pada sesi pleno yang diadakan di ibukota Kamboja pada hari Jumat. Para pemimpin militer Myanmar tidak hadir, karena mereka dilarang menghadiri pertemuan tingkat tinggi.

Baca Juga: KTT Asean Kemungkinan Pembahasannya Didominasi Persoalan Myanmar

Para pemimpin ASEAN mengatakan bahwa semua negara anggota dan pihak eksternal akan sepenuhnya mendukung Timor-Leste untuk mencapai tonggak sejarah dengan memberikan "bantuan peningkatan kapasitas dan dukungan lain yang diperlukan untuk keanggotaan penuhnya di ASEAN".

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan bahwa ASEAN telah membahas masalah keanggotaan Timor-Leste "untuk beberapa waktu".

Negara berpenduduk 1,37 juta orang itu memperoleh kemerdekaan dari Indonesia pada 2002 dan secara resmi mengajukan keanggotaan ASEAN pada 2011.

"Singapura pada prinsipnya menyambut baik keanggotaan Timor-Leste di ASEAN," kata Lee.

"Ini harus dilakukan sesuai dengan peta jalan ASEAN yang objektif dan berbasis kriteria," tambahnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Hadiri Pembukaan, Pleno, dan Retreat KTT ASEAN

Dia menambahkan bahwa ASEAN harus membantu Timor-Leste membangun kapasitas, dan asosiasi harus bekerja dengan mitra eksternal dalam hal ini.

Kamboja, yang merupakan ketua KTT ASEAN tahun ini, adalah negara terakhir yang bergabung dengan ASEAN, pada 1999.

Asosiasi ini dibentuk oleh lima negara anggota pada tahun 1967 - Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand dan Filipina. Brunei ditambahkan ke lingkaran pada tahun 1984. Vietnam bergabung pada tahun 1995, kemudian Myanmar dan Laos pada tahun 1997.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×