kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Balita 3 tahun berhasil selamat usai tertimbun runtuhan gempa Turki 91 jam


Rabu, 04 November 2020 / 10:33 WIB
Balita 3 tahun berhasil selamat usai tertimbun runtuhan gempa Turki 91 jam
ILUSTRASI. ilustrasi. Balita 3 tahun berhasil selamat usai tertimbun runtuhan gempa Turki 91 jam. Ihlas News Agency via Reuters


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Izmir. Upaya penyelamatan korban bencana gempa bumi di Izmir, Turki terus dilakukan. Terbaru, tim penyelemat berhasil mengevakuasi seorang balita berusia 3 tahun dari puing-puing. Balita bernama Ayda tersebut tertimbun di bawah puing-puing selama 91 jam.

Gempa bumi dahsyat melanda Turki Barat pada Jumat (30/10/2020). Diberitakan AFP, gempa bumi itu menewaskan lebih dari 100 orang.

Wali kota Izmir, Tunc Soyer mengatakan, "Kami telah menyaksikan keajaiban dalam 91 jam." Dia menerangkan bahwa tim penyelamat berhasil menarik Ayda (3) balita itu keluar dari reruntuhan dalam kondisi hidup. Seiring dengan rasa sakit luar biasa yang kami alami, kami juga mengalami kebahagiaan ini."

Pada mulanya balita itu dikira wali kota berusia 4 tahun namun Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengklarifikasi bahwa Ayda berusia 3 tahun.

Baca juga: Usai 14 tahun, di ibu kota negeri para dewa ini berdiri masjid

Penyelamatan penuh haru

Ayda diselamatkan dari sebuah bangunan yang runtuh di kota Bayrakli di Turki, lokasi paling terdampak oleh gempa bermagnitudo 7 yang melanda Turki dan Yunani pada Jumat sore (30/10/2020). Ketika gadis cilik itu dibawa ke tempat aman dan dibungkus dengan selimut foil darurat untuk bayi, dia memanggil ibunya.

Penyelamatan balita itu disambut riuh tepuk tangan warga dengan meriah. Warga menyaksikan penuh haru, saling berpelukan dan menangis. Beberapa warga juga dikabarkan memekikkan takbir sebagai ungkapan kebahagiaan atas peristiwa penyelamatan itu. Menurut NTV, Ayda Gezgin yang masih balita itu kemudian meminta air dan ayran (sejenis cairan dari yoghurt).

Korban tewas akibat gempa meningkat menjadi 102 orang di Turki pada Selasa (3/11/2020) menurut laporan AFAD dengan korban luka 1.026 orang dengan 143 di antaranya masih dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Promo Tupperware November 2020 edisi dapur cantik, ada gratis Rice Bowl

Turki telah melaporkan lebih dari 1.475 gempa susulan setelah gempa pertama, termasuk 44 gempa berkekuatan di atas empat. Dengan puluhan bangunan rusak dan risiko gempa berulang, ribuan warga terpaksa menghabiskan malam keempat mereka di tenda-tenda di Izmir.

Gempa tersebut merupakan yang paling mematikan di Turki tahun ini setelah lebih dari 40 orang tewas di provinsi timur Elazig dan Malatya pada Januari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tertimpa Reruntuhan selama 91 Jam akibat Gempa di Turki, Balita Ini Berhasil Diselamatkan",
Penulis : Miranti Kencana Wirawan
Editor : Miranti Kencana Wirawan

Selanjutnya: Diskon potongan harga mobil baru SUV November 2020, BRV Rp 20 juta, XL7 Rp 15 juta




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×