kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,37   1,01   0.11%
  • EMAS957.000 0,53%
  • RD.SAHAM 1.14%
  • RD.CAMPURAN 0.23%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Bentuk perusahaan dirgantara terbesar sejagat, Woodward merger dengan Hexcel


Senin, 13 Januari 2020 / 18:52 WIB
Bentuk perusahaan dirgantara terbesar sejagat, Woodward merger dengan Hexcel
ILUSTRASI. ilustrasi merger dan akuisisi, mergers and acquisitions 


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Woodward Inc akan melakukan penggabungan usaha dengan Hexcel Corp, entitas hasil penggabungan ini akan jadi salah satu perusahaan dirgantara dan pertahanan terbesar di dunia.

Melansir Bloomberg, Senin (13/1), Wodward akan jadi pemegang saham pengendali entitas baru baru yang akan bernama Woodward Hexcel ini. Proyeksinya Woodward Hexcel akan menghasilkan pendapatan US$ 5 miliar per tahunnya.

Baca Juga: Ratu Elizabeth akan memimpin pembicaraan krisis tentang Pangeran Harry dan Meghan

Adapun petinggi Woodward menyatakan aksi korporasi ini dilakukan guna mengejar target efisiensi produksi mesin pesawat, bukan soal masalah Boeing 737 Max. Sebagai informasi, Woodward merupakan pemasok terbesar Boeing Co.

“Aksi ini bukan karena segmen atau program tertentu,” kata Nick Stanage Chairman sekaligus CEO Hexcel yang juga akan memimpin entitas hasil penggabungan usaha.

Atas transaksi ini, pemegang saham Hexcel sendiri bakal mendapat 0,625 saham Woodward untuk satu saham Hexcel yang dimiliki. Valuasi Hexcel sendiri kini mencapai US$ 6,4 miliar atau setara US$ 76,23 per lembar saham. Ini berdasarkan harga penutupan saham Woodward Jumat lalu dengan premi 4,5%.

Adpaun pemegang saham Woodward akan tetap mengempit porsi kepemilikan yang sama atas entitas anyar ini atau setara 55% dari total kepemilikan saham. Sementara Woodward-Hexcel akan bermarkas di kantor pusat Woodward di Fort Collins, Colorado. Kantor Pusat Hexcel sendiri terletak di Stamford, Connecticut.

Pascamerger rampung, CEO Woodward Tom Gendron bakal ambil tampuk pimpinan selama setahun, kemudian selama setahun berikutnya akan menjadi petinggi non eksekutif sebelum menyerahkan kursi pimpinan ke Stanage. Akan ada sepuluh jajaran direksi, dimana Woodward dan Hexcel masing-masing akan mengisi lima posisi.

Baca Juga: Tahun lalu, penjualan mobil China turun 8,2%

Saham Woodward sepanjang tahun lalu tercatat meningkat hingga 60% dengan price earning ratio (PER) sebesar 26. Sementara saham Hexcel mencatat kenaikan 21% dengan PER 21. Sebagai perbandingan indeks S%P 500 meningkat 2% selama periode serupa.


Tag


TERBARU
Corporate Valuation Model Investment Appraisal Model & Presentation

[X]
×