kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,73   10,14   1.14%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis rintisan yang awalnya tak dilirik (2)


Rabu, 11 Oktober 2017 / 14:36 WIB
Bisnis rintisan yang awalnya tak dilirik (2)


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Kerja keras Rishi Shah membangun usaha rintisan (startup) berbasis industri kesehatan menghasilkan sukses besar bagi dirinya. Rishi kini masuk daftar orang kaya dunia, dengan total kekayaan mencapai US$ 3,6 miliar. Salah satu kunci sukses sang miliarder adalah tidak menoleransi kesalahan. Itu mengapa, produknya kini banyak diminati oleh layanan kesehatan di Amerika Serikat (AS). Perusahaannya pun kini memiliki valuasi senilai US$ 5,6 miliar.

Aplikasi Outcome Health menjadi mesin uang bagi Rishi Shah yang mengantarkan dia masuk dalam jajaran miliader di Amerika Serikat (AS). Berawal dari aplikasi sederhana bernama ContextMedia yang dikembangkan pada tahun 2008, kini perangkat lunak buatan Rishi menjelma sebagai startup (usaha rintisan) bernama Outcome Health.

Mengutip pemberitaan Forbes, aplikasi tersebut menyediakan informasi di ruang tunggu dokter dan ruang operasi berbasis layar sentuh tablet mirip iPad, Kecanggihan aplikasi pembantu medis itu, telah menyedot banyak pengiklan.

Rishi mendirikan perusahaan rintisan tersebut, pada awalnya bermaksud untuk membantu pasien mendapatkan informasi secara komprehensif saat menunggu di ruang tunggu dokter.

Dengan moto mengembalikan kesehatan pasien, Outcome Health berhasil menarik banyak pengiklan dari pengelola rumahsakit, produsen makanan sehat, perusahaan asuransi, dan perusahaan farmasi.

Ketertarikan para pengiklan terhadap aplikasi yang dibangun dan dikembangkan Rishi, berlatarbelakang pemakaian Outcome Health yang kini mencapai 40.000 ruang tunggu dokter, setara 20% dari total ruang tunggu dokter yang ada di AS.

Cara kerja Outcome Health ini cukup sederhana. Ketika pasien datang untuk mendapat perawatan medis, perawat memastikan informasi yang tertera di layar tablet sesuai dengan gejala yang ada di pasien. Selain itu Outcome Health juga menyediakan fitur grafik tiga dimensi. Grafik tersebut berfungsi guna menjelaskan gejala dan awal mula dari penyakit yang diderita si pasien.

Tidak hanya menyediakan ruang untuk iklan, Rishi seperti diberitakan Forbes, juga menawarkan pasien untuk melakukan uji lab. Hal tersebut akan menghemat biaya perusahaan farmasi dan rumahsakit.

Layaknya para pengusaha di bidang startup, awal perjalanan bisnis Outcome Health tidak langsung mendapat kucuran dari pemodal besar yang tertarik pada aplikasi ini. Rishi bercerita, awal pendanaan Contextmedia yang kemudian menjelma sebagai aplikasi Outcome Health diperoleh dari kredit perbankan senilai US$ 325 juta. Kini, Outcome Health telah menjelma menjadi salah satu perusahaan teknologi kesehatan dengan valuasi mencapai US$ 5,6 miliar.

Untuk memasarkan produknya, Rishi dikabarkan tidak sungkan bertandang mendatangi dokter praktik dan rumahsakit guna memperkenalkan aplikasinya tersebut. Pada awal berdirinya, target pasar yang dia incar masih pusat-pusat kesehatan di sekitar wilayah Chichago.

Memang pada awalnya, tidak banyak dokter yang tertarik menggunakan aplikasi buatan Rishi. Namun dalam satu tahun pertama, perkembangannya cukup bagus. Tercatat pada tahun pertama Rishi berhasil mengumpulkan omzet US$ 1 juta dari bisnis aplikasinya tersebut.

Dalam berbisnis, Rishi berkomitmen tidak mentolerir adanya kesalahan. Hal ini lah yang membuat aplikasi dan model bisnis Rishi berhasil bisa sukses seperti sekarang.

Dalam beberapa tahun terakhir, Rishi berhasil menggandeng sejumlah rekanan untuk mengembangkan Outcome Health. Selain itu, seiring perkembangan teknologi global, pria ini juga mengembangkan aplikasi menjadi lebih pintar dan lebih mengenali spesifik kebutuhan pasien.

Dalam jangka panjang, selain pengembangan fitur, Rishi juga berambisi menempatkan aplikasi miliknya di 70% ruang dokter di Amerika Serikat. Hal ini berpotensi untuk meningkatkan jangkauan pasien dan menggenjot pendapatan iklan.                                            

(Bersambung)




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×