kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bongkahan es Himalaya runtuh di India, sekitar 125 hilang akibat banjir


Senin, 08 Februari 2021 / 07:33 WIB
Bongkahan es Himalaya runtuh di India, sekitar 125 hilang akibat banjir
ILUSTRASI. Sekitar 125 orang hilang di India utara setelah gletser atau bongkahan es Himalaya runtuh. Sumber foto : mezdra.com


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Sekitar 125 orang hilang di India utara setelah gletser atau bongkahan es Himalaya runtuh dan menyapu bendungan pembangkit listrik tenaga air kecil pada hari Minggu (7/2/2021). Banjir yang terjadi memaksa evakuasi desa-desa di bagian hilir.

Reuters memberitakan, berdasarkan keterangan seorang saksi mata, dinding debu, batu, dan air menghantam saat longsoran salju menderu di lembah Rishiganga di pegunungan Uttarakhand.

"Salju datang dengan sangat cepat, tidak ada waktu untuk memperingatkan siapa pun," kata Sanjay Singh Rana, yang tinggal di hulu sungai di desa Raini, kepada Reuters melalui telepon. "Saya merasa bahwa bahkan kami akan tersapu."

Koordinator Menteri Uttarakhand Trivendra Singh Rawat mengatakan 125 orang hilang tetapi jumlahnya bisa meningkat. Sejauh ini, tujuh jenazah telah ditemukan.

Baca Juga: Unggul di dataran tinggi, militer China utus tank Type 15 ke perbatasan dengan India

Bencana itu terjadi sekitar 500 km (310 mil) di utara New Delhi.

Uttarakhand rentan terhadap banjir bandang dan tanah longsor dan bencana tersebut meminta kelompok lingkungan untuk meninjau proyek pembangkit listrik di pegunungan yang sensitif secara ekologis.

Sebelumnya Kepala Sekretaris Negara Om Prakash mengatakan 100 hingga 150 orang dikhawatirkan tewas. Sebagian besar yang hilang adalah para pekerja di Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Rishiganga berkapasitas 13,2 MW yang hancur oleh hancurnya gletser.

Baca Juga: Tolak reformasi pertanian, ribuan petani di India memblokir jalan dengan traktor

Rekaman yang dibagikan oleh penduduk setempat menunjukkan air melibas bagian-bagian bendungan Rishiganga dan semua yang ada di jalurnya. Sedikitnya 180 ekor domba ikut musnah.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×