kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bos FIFA menolak digaji US$ 2 Juta


Senin, 30 Mei 2016 / 10:40 WIB

Bos FIFA menolak digaji US$ 2 Juta

Zurich. Tiga bulan sudah Gianni Infantino menjabat sebagai Presiden Federasi Sepakbola Dunia alias Federation International Football Association (FIFA). Namun, urusan gaji belum juga beres.

Infantino tak puas dengan gaji yang diterimanya sebagai Presiden FIFA. Badan sepakbola itu mengusulkan gaji US$ 2 juta setahun kepada Infantino. Tapi dia menolak.
Ia mengganggap gaji sebesar itu sebagai bentuk penghinaan terhadap dirinya. Padahal tugasnya berat yakni memulihkan citra FIFA yang terpuruk akibat sederet skandal korupsi.


Surat kabar Jerman, Frankfurter Allegemeine Zeitung melaporkan, besaran gaji itu terungkap dalam rekaman pertemuan yang dilakukan sebelum Kongres FIFA di Meksiko. Pertemuan tersebut dihadiri oleh 211 anggota FIFA telah menawarkan proposal gaji Presiden FIFA.

FIFA menawarkan gaji kepada Infantino sebesar US$ 2 juta. Namun, Infantino tak terima. "Saya tidak menerima proposal tersebut," tegas Infantino kepada para dewan FIFA dalam rekaman tersebut sebagaimana dilansir surat kabar Jerman yang dikutip Bloomberg.

Mantan Sekjen Badan Sepakbola Eropa (UEFA) ini mengatakan, tidak mudah bagi dirinya untuk membersihkan citra FIFA akibat skandal keuangan yang melibatkan petinggi FIFA. Infantino pernah berjanji akan memulihkan kepercayaan masyarakat dunia setelah 17 tahun kepemimpinan kontroversial pendahulunya, Sepp Blatter.

Gara-gara masalah ini pula, Ketua Komite Audit FIFA, Domenico Scala mengundurkan diri. ESPN melansir, Scala merupakan salah satu dari panel anggota FIFA turut memutuskan gaji Infantino.

Diduga, Infantino sengaja menggulingkan Scala. ESPN menyebut, Infantino berharap mendapatkan gaji paling tidak sebesar US$ 3 juta sebagaimana gaji yang diterima pendahulunya.

Pasca diangkat menjadi Presiden FIFA, gaji Infantino memang mendapatkan perhatian besar khalayak. FIFA telah berjanji akan mempublikasikan gaji yang diterima pejabatnya sebagai bentuk transparansi keuangan.

Belum ada konfirmasi resmi  dari Infantino soal gajinya tersebut. Bos FIFA ini sedang berada di Milan untuk menyaksikan final Liga Champions. Namun, FIFA berjanji akan mengonfirmasi gaji yang diterima Infantino.
 


Reporter: Mona Tobing
Editor: Adi Wikanto

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×