kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS953.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Bukan di Euro 2020, Inggris vs Rusia tegang di Laut Hitam


Kamis, 24 Juni 2021 / 08:58 WIB
Bukan di Euro 2020, Inggris vs Rusia tegang di Laut Hitam
ILUSTRASI. Bukan di Euro 2020, Inggris vs Rusia tegang di Laut Hitam

Reporter: kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Moskwa. Di tengah ramainya pertandingan sepak bola Euro 2020, hubungan dipomatik Rusia dan Inggris memanas. Tanpa solusi terbaik, panasnya hubungan Rusia dan Inggris bisa memicu perang kedua negara. Pasalnya, telah terjadi kontak militer kedua negara di kawasan Laut Hitam

Rusia menyatakan, mereka memberikan tembakan peringatan dan menjatuhkan bom kepada kapal perang Inggris. Moskwa mengeklaim, kapal perang mereka dan pesawat tempur dikerahkan setelah kapal perusak HMS Defender terdeteksi dekat Laut Hitam.

Kementerian Pertahanan Inggris membantah klaim itu. Inggris menyatakan kapal perusak HMS Defender hanya melewati perairan Ukraina.

Menteri Pertahanan Ben Wallace mengatakan, kapal perusak yang diluncurkan pada 2009 itu berlayar dari Odesa. "Pagi ini, HMS Defender berlayar dari Odesa menunju Georgia melewati Laut Hitam," kata Wallace dilansir The Sun Rabu (23/6/2021).

Wallace menuturkan, kapal kelas Daring tersebut melewati perairan dekat Crimea yang masih terhitung kawasan internasional. "Di tengah pelayaran rutinitas, perjalanan kapal kami dibuntuti Rusia, dan diberi tahu mengenai latihan yang dilakukan lawan. Tetapi, media pemerintah "Negeri Beruang Merah" memberikan versi yang lebih dramatis mengenai kejadian di dekat Crimea".

Baca juga: Tegang! China siaga tinggi saat kapal perusak AS berlayar di Selat Taiwan

Kementerian Pertahanan Rusia mengeklaim, kapal Type-45 itu melewati wilayah mereka di Cape Fiolent. Mendapati ada kapal perang asing di wilayahnya, angkatan laut setempat memberi peringatan untuk menjauh.

Namun, HMS Defender tetap pada jalurnya. Membuat Moskwa melontarkan dua tembakan peringatan, pada pukul 12.06 dan 12.08 waktu setempat. Setelah itu, jet tempur Sukhoi Su-24 menjatuhkan empat bom di jalan yang hendak dilewati kapal "Negeri Ratu Elizabeth" tersebut.

Menurut klaim Kremlin, barulah kapal yang dipersenjatai rudal anti-pesawat dan senjata anti-kapal itu meninggalkan perairan mereka. London pun merespons dengan menyanggah klaim itu, menerangkan bahwa tidak ada tembakan yang diarahkan ke mereka.

"Kapal Angkatan Laut Inggris tetap tidak bersalah dalam melanjutkan perjalanan ke teritorial Ukraina sesuai hukum internasional," kata London. Sumber pertahanan mengungkapkan, pihak Rusia sengaja melakukan latihan menembak. Namun tak menyinggung mengenai bom.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rusia Jatuhkan Bom dan Tembakan Peringatan ke Kapal Perang Inggris",


Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo

 

Selanjutnya: Ini alasan Rusia desak AS dan sekutunya batalkan latihan militer di Laut Hitam

 

 




TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×