kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bursa AS rontok, harta miliarder dunia amblas Rp 1.638 triliun dalam sehari


Selasa, 06 Agustus 2019 / 22:09 WIB
Bursa AS rontok, harta miliarder dunia amblas Rp 1.638 triliun dalam sehari

Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks bursa Wall Street anjlok pada Senin (5/8) gara-gara perang dagang dan perang mata uang. Rontoknya bursa Wall Street membuat harta kekayaan miliarder top dunia amblas hingga US$ 117 miliar dalam sehari.

Nilai kekayaan yang hangus itu setara Rp 1.638 triliun dengan kurs 1US$=Rp 14.000.

Baca Juga: Bill Gates: Kunci sukses Warren Buffett itu sederhana, semua orang bisa melakukan

Bloomberg melaporkan, 500 orang terkaya di Bumi kehilangan 2,1% dari kekayaan bersih kolektif mereka pada Senin (5/8) karena indeks bursa saham AS jatuh dan menjadi penurunan terbesar tahun ini.

Sebanyak 21 miliarder anggota Bloomberg Billionaires Index diantaranya, masing-masing kehilangan lebih dari US$ 1 miliar dalam sehari karena investor bereaksi terhadap meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Baca Juga: Jeff Bezos melego saham Amazon senilai US$ 1,8 miliar dalam tiga hari

Pendiri Amazon.com Inc Jeff Bezos, semisal, kekayaannya merosot US$ 3,4 miliar setelah saham Amazon jatuh. Tapi dia tetap menjadi orang terkaya di planet ini dengan harta US$ 110 miliar.

Kendati merosot, total kekayaan 500 miliarder anggota Bloomberg Billionaires Index, kalau dihitung dari awal tahun masih naik 11%. Catatan saja, total harta 500 miliarder itu mencapai US$ 5,4 triliun.


Tag



×