kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah gelombang kedua kasus corona, Beijing pangkas penerbangan domestik


Rabu, 17 Juni 2020 / 12:35 WIB
Cegah gelombang kedua kasus corona, Beijing pangkas penerbangan domestik
ILUSTRASI. Bandara Beijing


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Sejumlah penerbangan domestik masuk dan keluar Beijing dibatalkan pada Rabu (17/6) ketika pada pejabat meningkatkan upaya untuk menahan wabah virus corona di ibukota China selama sepekan terakhir yang telah memicu kekhawatiran penyebaran baru yang lebih luas.

Mengutip Reuters, Rabu (17/6), pejabat kesehatan mencatat 31 infeksi baru yang dikonfirmasi pada 16 Juni, sehingga membuat infeksi kumulatif sejak Kamis menjadi 137 kasus. Kenaikan kasus yang terburuk di Beijing sejak awal Februari.

Pihak berwenang pada Selasa menaikkan status Beijing ke waspada tingkat dua, tingkat tertinggi kedua dalam sistem tingkat tanggap darurat Covid-19 yang ada empat tingkat. 

Baca Juga: Kasus virus corona meningkat, Beijing menetapkan status siaga tinggi

Sekitar 27 distrik telah ditetapkan sebagai area berisiko sedang di mana orang yang masuk harus melalui pemeriksaan suhu dan registrasi. Satu distrik, dekat pusat makanan grosir besar yang terdeteksi sebagai sumber wabah terbaru, ditandai dengan risiko tinggi.

Jalan-jalan dan jalan raya kota masih terbuka, perusahaan dan pabrik tidak diperintahkan untuk berhenti bekerja, dan tidak ada penghambat tepi di kompleks perumahan.

Tetapi pergerakan orang yang keluar-masuk kota dikontrol dengan ketat dan menjalani tes Covid-19, sementara penduduk di daerah berisiko tinggi dikarantina dan diharuskan menjalani tes. Taman kanak-kanak, sekolah dasar dan sekolah menengah ditutup.

Pelacak data penerbangan Variflight menunjukkan bahwa setengah dari penerbangan masuk yang dijadwalkan dan 40% dari penerbangan keluar dari Bandara Internasional Ibukota Beijing, salah satu dari dua bandara utama kota itu, telah atau kemungkinan akan dibatalkan pada hari Rabu. Sebagian besar penerbangan adalah rute domestik.

Media pemerintah melaporkan bahwa pejabat kereta api memberikan pengembalian uang penuh untuk semua tiket ke dan dari Beijing yang dipesan sebelum Selasa malam, sebuah upaya nyata untuk mencegah orang bepergian meskipun layanan belum secara resmi dibatalkan.

Semua taksi keluar dan layanan mobil-panggilan, dan beberapa rute bus jarak jauh ke provinsi Hebei dan Shandong terdekat dibatalkan pada hari Selasa.




TERBARU

[X]
×