kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah Penyebaran Penyakit, WHO Desak Ukraina Hancurkan Patogen di Lab Kesehatan


Jumat, 11 Maret 2022 / 14:07 WIB
Cegah Penyebaran Penyakit, WHO Desak Ukraina Hancurkan Patogen di Lab Kesehatan
ILUSTRASI. Cegah Penyebaran Penyakit, WHO Desak Ukraina Hancurkan Patogen di Lab Kesehatan


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan Ukraina untuk memusnahkan patogen ancaman tinggi yang ditempatkan di laboratorium kesehatan masyarakat negara itu untuk mencegah setiap potensi tumpahan yang akan menyebarkan penyakit di antara penduduk, kata badan tersebut kepada Reuters, Kamis.

Pakar biosekuriti mengatakan pergerakan pasukan Rusia ke Ukraina dan pemboman kota-kotanya telah meningkatkan risiko lolosnya patogen penyebab penyakit, jika salah satu fasilitas itu rusak.

Seperti banyak negara lain, Ukraina memiliki laboratorium kesehatan masyarakat yang meneliti cara mengurangi ancaman penyakit berbahaya yang menyerang hewan dan manusia termasuk, yang terbaru, COVID-19. 

Baca Juga: Dihantam Sanksi Barat, Putin: Rusia Akan Muncul Lebih Kuat

Laboratoriumnya telah menerima dukungan dari Amerika Serikat, Uni Eropa, dan WHO.

Menanggapi pertanyaan dari Reuters tentang pekerjaannya dengan Ukraina sebelum dan selama invasi Rusia, WHO mengatakan dalam email bahwa mereka telah berkolaborasi dengan laboratorium kesehatan masyarakat Ukraina selama beberapa tahun untuk mempromosikan praktik keamanan yang membantu mencegah "pelepasan patogen yang tidak disengaja atau disengaja.

"Sebagai bagian dari pekerjaan ini, WHO telah sangat merekomendasikan kepada Kementerian Kesehatan di Ukraina dan badan-badan lain yang bertanggung jawab untuk menghancurkan patogen ancaman tinggi untuk mencegah potensi tumpahan," kata WHO.

WHO tidak mengatakan kapan telah membuat rekomendasi atau memberikan secara spesifik tentang jenis patogen atau racun yang disimpan di laboratorium Ukraina. Badan itu juga tidak menjawab pertanyaan tentang apakah rekomendasinya diikuti.

Baca Juga: Tingkatkan Tekanan, AS Berencana Akhiri Hubungan Perdagangan Normal dengan Rusia

Pejabat Ukraina di Kyiv dan di kedutaan mereka di Washington tidak menanggapi permintaan komentar.

Kemampuan laboratorium Ukraina berada di pusat perang informasi yang berkembang sejak Rusia mulai memindahkan pasukan ke Ukraina dua minggu lalu.

Pada hari Rabu, juru bicara kementerian luar negeri Rusia Maria Zakharova mengulangi klaim lama bahwa Amerika Serikat mengoperasikan laboratorium biowarfare di Ukraina, sebuah tuduhan yang telah berulang kali dibantah oleh Washington dan Kyiv.




TERBARU

[X]
×