China akan Memiliki Hampir Sepertiga dari Tambang Batubara Baru di Dunia

Kamis, 29 September 2022 | 13:53 WIB   Reporter: Selvi Mayasari
China akan Memiliki Hampir Sepertiga dari Tambang Batubara Baru di Dunia

ILUSTRASI. Hampir sepertiga dari tambang batubara baru dunia akan berlokasi di China. REUTERS/Stringer ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.


KONTAN.CO.ID - BEIJING. Hampir sepertiga dari tambang batubara baru dunia akan berlokasi di China.

Menurut laporan Bloomberg Intelligence, tambang batubara baru berkapasitas 559 juta ton direncanakan akan dibangun di China pada awal tahun ini, menyumbang 29% dari total global, menurut data dari Global Energy Monitor.

Australia berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 17%, diikuti oleh India dan Rusia dengan masing-masing 16%. Namun, 1,94 miliar ton tambang baru yang direncanakan secara global turun 15% dari tahun lalu.

Baca Juga: Dolar AS Perkasa, Emiten Sektor Komoditas Dapat Angin Segar

China menambang 4,01 miliar ton batubara pada tahun 2021, angka yang hanya akan meningkat setelah produksi naik ke level rekor untuk mencegah terulangnya krisis listrik tahun lalu yang melumpuhkan ekonomi.

Bloomberg Intelligence mengatakan, target produksi batubara untuk Agustus dinaikkan menjadi 12,5 juta ton per hari, menyiratkan produksi tahunan sebesar 4,56 miliar ton. 
Harga spot harus tetap tangguh karena penambang memprioritaskan pengiriman ke pelanggan kontrak berjangka, dan impor kemungkinan akan menghadapi lebih banyak tekanan.

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru