kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cofounder Bumble menjadi miliarder wanita termuda di dunia berkat IPO


Senin, 15 Februari 2021 / 15:07 WIB
Cofounder Bumble menjadi miliarder wanita termuda di dunia berkat IPO
Co Founder Bumble, Whitney Wolfe Herd


Sumber: Forbes | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Co Founder Bumble, Whitney Wolfe Herd, mencatat kekayaan bersih sebesar US$ 1,5 miliar atau setara Rp 21 triliun pada penutupan pasar saham pekan lalu setelah saham perusahaan aplikasi kencan, Bumble melonjak saat IPO pada hari Kamis (11/2).

Kenaikan saham Bumble yang hampir 12% menghantarkan Whitney Wolfe Herd menjadi wanita miliarder termuda di dunia.  Saham Bumble dibuka pada harga US$ 76,  jauh lebih tinggi dari harga IPO US$ 43 per saham.

Perusahaan melakukan debutnya beberapa jam setelah pasar dibuka pada hari Kamis.

Mengutip Forbes, menurut prospektus Bumble, Wolfe Herd memiliki 21,54 juta saham atau setara dengan 11,6% saham di perusahaan tersebut. Selain menjadi miliarder wanita termuda di dunia, dia juga CEO wanita termuda yang pernah membawa perusahaan go publik di AS.

Bumble merupakan aplikasi kencan besar kedua yang go public, setelah Match.com parent Match Group’s IPO pada 2015.

Baca Juga: Bakal IPO tahun depan, valuasi aplikasi kencan Bumble ditaksir capai US$ 8 miliar

Match Group’s mencoba membeli perusahaan Wolfe Herd pada 2017 seharga US$ 450 juta. Dengan US$ 76 per saham Kamis sore, kapitalisasi pasar Bumble adalah US$ 8,6 miliar. Match Group, yang juga memiliki aplikasi kencan Tinder, memiliki kapitalisasi pasar US$ 45 miliar.

Bumble melaporkan pendapatan US$ 417 juta dalam sembilan bulan pertama tahun 2020, naik dari US$ 363 juta selama jangka waktu yang sama pada tahun 2019.

Match Group’s jauh lebih besar: Grup ini melaporkan pendapatan US$ 1,7 miliar dalam sembilan bulan pertama tahun 2020 dan US$ 1,5 miliar pada tahun sebelumnya.

Sebagai hasil dari penawaran umum, perusahaan yang berbasis di Austin itu mengumpulkan US$ 2,2 miliar. Sebagian besar dana yang terkumpul dalam penawaran akan digunakan untuk membeli atau menebus saham dari pemilik pra-IPO yaitu perusahaan ekuitas swasta Blackstone, yang memiliki hampir 91% sebelum penawaran, dan Wolfe Herd.

Prospektus tersebut juga merinci pinjaman US$ 120 juta yang diberikan perusahaan kepada Wolfe Herd pada Januari 2020, yang diselesaikan setahun kemudian setelah Wolfe Herd kehilangan saham Bumble senilai US$ 95,5 juta.

Baca Juga: Merek tuna terkenal di Amerika bangkrut, berencana jual aset ke Taiwan

Wolfe Herd mendirikan Bumble pada 2014 tak lama setelah dia menuntut Tinder, majikan sebelumnya, atas pelecehan seksual. Dia menuduh bahwa mantan bos dan pacarnya, Justin Mateen, telah mengirim ancaman, teks yang menghina, dan mencabut gelar pendiri bersama di Tinder. Tinder membantah melakukan kesalahan, dan kasus itu diselesaikan dengan cepat dan rahasia.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×