kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ctrip akuisisi Skyscanner demi pasar Eropa


Kamis, 24 November 2016 / 19:04 WIB
Ctrip akuisisi Skyscanner demi pasar Eropa


Reporter: Mona Tobing | Editor: Adi Wikanto

Shanghai. Ctrip.com International Ltd, perusahaan jasa perjalanan asal China mengakuisisi Skyscanner Ltd yakni perusahaan mesin pencari dan penyedia informasi perjalanan. Akuisisi ini diharapkan dapat memperluas pasar Ctrip tidak lagi di China namun secara global.

Minat warga China berplesir mendorong Ctrip mengakuisisi Skyscanner. Nilai akuisisi Skyscanner mencapai 1,4 miliar poundsterling atau setara dengan US$ 1,7 miliar.

Lewat akuisisi ini, Ctrip mengincar pasar lebih luas dengan merambah pasar luar negeri. Rencananya Ctrip ingin masuk ke pasar Eropa lewat pembelian Skyscanner. Pembelian ini akan menguntungkan perusahaan traveling asal China ini. Sebab, Skyscanner memiliki lebih dari 60 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Dalam pernyataan resminya, Ctrip mengatakan pembelian Skycanner akan memperluas jasa layanan perjalanannya. Yakni dengan menghubungkan transportasi lewat udara, kereta api dan jalan.

Sebagai informasi, Skyscanner adalah perusahaan yang menyediakan layanan informasi pilihan perjalanan bagai para turis. Plus menyediakan perbandingan harga.

Sebelum diakuisisi Ctrip, Bloomberg melaporkan rencana perusahaan yang berbasis di Edinburgh, Skotlandia ini akan go public. Saat itu, Skyscanner dan mengincar dana segar lebih dari 1 miliar pound.

Chairman Ctrip James Liang kepada sejumlah analis menjelaskan investasi di bidang teknologi akan memperkuat posisi Ctrip secara global.

"Kami mampu melayani pelanggan di bagian lain dunia. Selain itu investasi ini akan membantu kami mengembangkan ekosistem perjalanan global yang lebih komprehensif," papar Liang. Ia juga yakin akan menjaring pelanggan baru yang potensial.

Sejumlah analis kompak menilai akuisisi ini menguntungkan Ctrip. Direktur Riset Gartner Inc Sandy Shen mengatakan, ada banyak perusahaan China pindah ke luar negeri. Mereka membangun kantor sendiri melalui akuisisi. Tentu ini menjadi peluang bagi Ctrip.

Belum lagi sasarannya adalah konsumen China yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Mereka akan lebih mudah mencari penerbangan internasional.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×