kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dampak Invasi, Visa dan Mastercard Tangguhkan Operasional di Rusia


Minggu, 06 Maret 2022 / 06:47 WIB
Dampak Invasi, Visa dan Mastercard Tangguhkan Operasional di Rusia
ILUSTRASI. Visa dan Mastercard tangguhkan operasional di Rusia


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Perusahaan pembayaran asal Amerika Serikat (AS) Visa Inc Mastercard Inc mengumumkan, bakal menangguhkan operasional di Rusia. Ini dilakukan sebagai sanksi atas invasi Rusia di Ukraina.

Kedua perusahaan juga akan bekerjasama dengan klien dan mitra mereka untuk menghentikan semua transaksi di Rusia.

"Dalam beberapa hari, semua transaksi, yang dimulai dengan kartu Visa yang dikeluarkan di Rusia tidak akan lagi berfungsi di luar negeri dan kartu Visa apa pun yang dikeluarkan di luar Rusia tidak akan berfungsi lagi di dalam Rusia, kata Al Kelly, CEO Visa, dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Reuters, Sabtu (5/3).

"Kami terpaksa bertindak menyusul invasi Rusia ke Ukraina, dan peristiwa yang tidak dapat diterima yang telah kami saksikan," lanjut Al Kelly.

“Kami menyesali dampaknya terhadap rekan-rekan kami yang berharga, dan pada klien, mitra, pedagang, dan pemegang kartu yang kami layani di Rusia. Perang ini dan ancaman berkelanjutan terhadap perdamaian dan stabilitas menuntut kami merespons sejalan dengan nilai-nilai kami,” tegas Visa.

Baca Juga: Alasan Kemanusiaan, Rusia Umumkan Gencatan Senjata di 2 Kota Ukraina Ini

Sementara itu, Mastercard mengatakan, kartu yang dikeluarkan oleh bank Rusia tidak akan lagi didukung oleh jaringan Mastercard, dan kartu perusahaan apa pun yang diterbitkan di luar Rusia tidak akan berfungsi di merchant atau ATM Rusia.

Mastercard memutuskan untuk menangguhkan layanan jaringannya di Rusia menyusul tindakan baru-baru ini untuk memblokir beberapa lembaga keuangan Rusia dari jaringan pembayaran perusahaan, seperti yang dipersyaratkan oleh regulator secara global.

Visa menambahkan, pada minggu ini pihaknya memblokir beberapa lembaga keuangan Rusia dari jaringannya sesuai dengan sanksi pemerintah yang dijatuhkan atas invasi Negeri Beruang Merah itu ke Ukraina.

Sebelumnya, kantor berita Tass melaporkan bahwa Sberbank Rossii PAO SBER.MM, pemberi pinjaman terbesar Rusia, mengatakan sanksi yang diumumkan oleh Visa Inc V.N dan Mastercard Inc MA.N tidak akan memengaruhi pengguna kartu yang dikeluarkannya di Rusia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×