kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Demokrat ajukan dakwaan pemakzulan formal atas Donald Trump


Rabu, 11 Desember 2019 / 05:00 WIB
Demokrat ajukan dakwaan pemakzulan formal atas Donald Trump

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Fraksi Demokrat di DPR AS mengumumkan dakwaan pemakzulan (impeachment) secara formal terhadap Presiden AS Donald Trump pada hari Selasa (10/12).

Dua dakwaan resmi, atau pasal pemakzulan, yakni menuduh Trump menyalahgunakan kekuasaan dalam upayanya untuk menekan Ukraina demi menyelidiki saingan politik dan kemudian menghalangi penyelidikan Kongres ke dalam skandal itu.

DPR yang dikuasai Demokrat hampir pasti akan memilih untuk memakzulkan presiden. Pengadilan kemudian akan diadakan di Senat yang dikuasai Partai Republik, kemungkinan pada bulan Januari. Tidak ada anggota Republik di DPR atau Senat yang mendukung Trump untuk dimakzulkan.

Baca Juga: DPR AS merilis bukti pemakzulan Donald Trump, begini isinya

Ketua Komite Kehakiman DPR Jerrold Nadler mengatakan kepada wartawan bahwa Demokrat harus mengambil tindakan karena Trump telah membahayakan Konstitusi AS, merusak integritas pemilu 2020 dan membahayakan keamanan nasional.

"Tidak seorang pun, bahkan presiden, yang berada di atas hukum," kata Nadler pada konferensi pers untuk mengumumkan tuduhan pemakzulan resmi. Dia didampingi oleh Ketua DPR Nancy Pelosi dan para pemimpin Demokrat lainnya yang terlibat dalam penyelidikan pemakzulan.

"Pemilu kita adalah landasan demokrasi. ... Integritas pemilihan kita berikutnya berisiko dari seorang presiden yang telah mencari campur tangan asing dalam pemilihan umum 2016 dan 2020," kata Nadler.

Baca Juga: Trump menghadapi dua deadline terkait pemakzulan

Trump telah membantah berbuat kesalahan dan menyebut penyelidikan itu hoaks atau berita bohong.




TERBARU

Close [X]
×