kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Drone Rusia Ditembak Jatuh Setelah Terbang ke Wilayah Udara NATO


Kamis, 17 Maret 2022 / 05:49 WIB
Drone Rusia Ditembak Jatuh Setelah Terbang ke Wilayah Udara NATO
ILUSTRASI. Dampak perang Rusia-Ukraina. REUTERS/Maksim Levin


Sumber: Yahoo News,ABC News | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Angkatan udara Ukraina mengatakan, sebuah pesawat tak berawak Rusia menerobos wilayah udara NATO setelah terbang ke Polandia sebelum ditembak jatuh di wilayah Ukraina.

Melansir Yahoo News, pesawat tak berawak itu dikatakan telah mengitari kota Yavoriv di Ukraina untuk menilai kerusakan yang disebabkan oleh serangan Rusia di pangkalan militer Yavoriv dekat Lviv.

Menurut pihak berwenang, sebuah serangan selama akhir pekan menewaskan sedikitnya 35 orang dan melukai sedikitnya 134 orang lainnya.

Yavoriv terletak hanya 15 mil dari perbatasan Polandia, tetapi ditargetkan dengan lebih dari 30 rudal jelajah pada hari Minggu.

"Seperti yang bisa kita lihat, penjajah terus melakukan tindakan provokatif mereka tanpa ragu-ragu, terbang ke wilayah udara negara-negara anggota NATO," jelas seorang juru bicara pasukan Ukraina.

Baca Juga: Rusia: Ada Beberapa Harapan untuk Mencapai Kompromi dengan Ukraina

Menurut The Times, sumber militer Ukraina mengatakan mereka mengira itu adalah pesawat tak berawak Forpost Rusia, yang tidak diterbangkan oleh negara lain.

"Tidak ada personel NATO di Ukraina," kata seorang pejabat NATO, ketika ditanya apakah ada personel NATO di pangkalan itu.

Pemerintah Ukraina telah memohon kepada NATO untuk memberlakukan zona larangan terbang di wilayah udara mereka, tetapi NATO sejauh ini menolak karena khawatir hal itu akan memicu perang melawan Federasi Rusia.

Berbicara pada hari Kamis, Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan membawa zona larangan terbang akan menyebabkan konflik langsung antara Rusia dan NATO - sesuatu yang dia bertekad untuk hindari.

Baca Juga: Presiden Ukraina: Pembicaraan Damai dengan Rusia Terdengar Lebih Realistis

Pada hari Senin, menteri kesehatan Sajid Javid memperingatkan akan dilakukannya "tanggapan parah" jika Rusia melanggar batas wilayah NATO.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×