kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua provinsi di Kanada berhenti menawarkan vaksin Covid-19 AstraZeneca


Rabu, 12 Mei 2021 / 05:55 WIB
Dua provinsi di Kanada berhenti menawarkan vaksin Covid-19 AstraZeneca


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - CALGARY. Provinsi Alberta dan Ontario di Kanada menyatakan bahwa mereka akan berhenti menawarkan dosis pertama vaksin AstraZeneca, dimana Ontario mengutip bukti bahwa risiko pembekuan darah langka agak lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

Mengutip Reuters, Rabu (12/5), Provinsi Alberta mengatakan akan mengambil langkah yang sama hanya karena tidak jelas kapan pengiriman vaksin yang lebih banyak akan tiba, dan bukan karena kekhawatiran tentang efek samping.

Pejabat di Ontario mengatakan kira-kira satu dari 60.000 orang yang menerima vaksin di provinsi itu, total delapan, mengalami komplikasi, yang melibatkan pembekuan darah disertai dengan tingkat trombosit rendah, sel-sel dalam darah yang membantunya menggumpal.

Regulator dan kelompok ahli di Kanada, Australia, Inggris dan Eropa sebelumnya memperkirakan bahwa risiko berada di antara satu dari 95.000 dan satu dari 130.000.

Baca Juga: Prioritas Diplomasi Vaksin Indonesia

"Kami berpendapat bahwa mereka yang menerima dosis pertama vaksin AstraZeneca benar-benar melakukan hal yang benar untuk mencegah penyakit dan melindungi keluarga, orang yang mereka cintai, dan komunitas mereka," kata Kepala Petugas Medis Ontario, David Williams.

Tiga kematian di Kanada telah dikaitkan dengan vaksin AstraZeneca.

Para pejabat mengatakan vaksin itu efektif, dan mencatat bahwa vaksin alternatif dari Pfizer dan Moderna semakin banyak tersedia. Kanada telah mendistribusikan lebih dari 20 juta dosis berbagai vaksin COVID, dan 11,6% adalah vaksin AstraZeneca.

Para ahli mengatakan kemungkinan baik untuk mencampur vaksin COVID-19, dan uji coba yang sedang berlangsung di Inggris melihat pertanyaan tersebut secara langsung.

Berita itu muncul ketika provinsi penghasil minyak barat Alberta berjuang dengan lonjakan kasus Covid-19. Pekan lalu pemerintah provinsi memberlakukan pembatasan baru untuk mengekang infeksi.

Di Ontario, kasus baru dan rawat inap menurun tetapi masih meningkat setelah lonjakan yang memuncak pada pertengahan April.

Minggu lalu, Alberta melaporkan kasus pertama pasien yang meninggal karena kondisi pembekuan darah setelah menerima vaksin AstraZeneca.

Baca Juga: Jangan takut, efek samping suntik vaksin Covid-19 ini bisa sembuh sendiri

Regulator kesehatan Kanada secara konsisten mengatakan bahwa manfaat vaksin lebih besar daripada risikonya.

Banyak negara telah menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca tahun ini setelah adanya laporan pembekuan darah yang jarang terjadi, tetapi serius. 

Beberapa dari mereka sekarang telah kembali menggunakan baik sepenuhnya atau dengan pembatasan setelah regulator kesehatan mengatakan manfaat tembakan lebih besar daripada risikonya.

Health Canada mengatakan mereka yang menerima vaksin harus segera mencari pertolongan medis jika mereka mengalami sesak napas, nyeri dada, pembengkakan kaki, sakit perut yang terus-menerus, gejala neurologis seperti sakit kepala parah atau penglihatan kabur, atau memar kulit atau bercak darah kecil di bawah kulit luar. tempat suntikan.

Selanjutnya: Uni Eropa berniat hentikan pesanan vaksin AstraZeneca setelah bulan Juni




TERBARU

[X]
×