kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45754,18   -2,20   -0.29%
  • EMAS1.007.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonomi berantakan, Boeing tunda peluncuran pesawat 777X


Minggu, 26 Juli 2020 / 15:37 WIB
Ekonomi berantakan, Boeing tunda peluncuran pesawat 777X
ILUSTRASI. Pesawat Boeing. Ekonomi berantakan, Boeing tunda peluncuran pesawat 777X. REUTERS/Lindsey Wasson TPX IMAGES OF THE DAY

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - PARIS. Boeing Co dikabarkan sedang dalam proses untuk melakukan penundaan jet terbaru 777X selama beberapa bulan atau hingga satu tahun. Melansir artikel Reuters, Sabtu (25/7) hal ini terpaksa dilakukan lantaran krisis Covid-19 terus memperburuk ekonomi dan berdampak pada penurunan permintaan. 

Boeing berharap untuk membawa jet ke pasar karena jumlah penumpang saat ini mulai bangkit setelah sebelumnya anjlok akibat pandemi. Perusahaan juga berharap perang dagang antara Washington dan Beijing bisa diredam lantaran China merupakan pasar yang penting bagi industri penerbangan. 

Baca Juga: Jack Ma tersandung masalah hukum di India, ada apa?

Akan tetapi, hal ini bisa saja membuka risiko baru bagi Boeing, seperti kehilangan perhatian dan momentum teknik sekaligus bakal diperketatnya pengawasan dari Administrasi Penerbangan Federal AS (US Federal Aviation) selama proses sertifikasi yang bakal memakan waktu bertahun-tahun. 

keterlambatan ini juga berpotensi menyebabkan masalah dalam rantai pasok Boeing. Pengumuman ini antara lain baru akan digaungkan pada pekan depan, ketika Boeing mempublikasikan laporan keuangan. 

Boeing menolak mengomentari kapan 777X akan diluncurkan. Hanya saja, bisa dipastikan bahwa jet model terbaru ini sedang melanjutkan uji terbang. "Kami sedang bekerjasama dengan pelanggan kami di seluruh dunia, di saat mereka terus beradaptasi dengan situasi Covid-19 yang terus berkembang," kata perusahaan. 

Boeing pun tengah berupaya untuk merampungkan pembuatan 777X, versi yang lebih besar dari 777 mini-jumbo, ke tangan pelanggan pada tahun 2021. Rencana ini sudah berjalan setahun lebih lambat dari yang semula dijadwalkan setelah mengalami hambatan produksi mesin dari General Electric GE9X.

Baca Juga: Mirip masa Perang Dingin, AS dan China berlomba kirim misi ke Planet Mars

Saat ini Boeing sedang bersiap untuk menunda peluncuran sekitar satu tahun, menurun dua orang yang mengetahui hal ini. Namun, diperkirakan Boeing akan mendorong penjualan secara masif pada tahun 2022-2023 mendatang. "Ada begitu pesawat berbadan lebar yang pensiun. Jika perjalanan udara kembali ke level 2019, akan banyak pesawat baru yang dibutuhkan," kata salah satu sumber. 

777X sendiri akan menjadi jet besar pertama yang disertifikasi setelah perangkat lunak pada pesawat seri 737 MAS memicu dua kecelakaan fatal dan membuat hubungan antara Boeing dan regulator menjadi tidak nyaman. 


Tag

TERBARU

[X]
×