kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ferdinand Marcos Jr Memulai Masa Jabatan Sebagai Presiden Filipina


Kamis, 30 Juni 2022 / 10:43 WIB
Ferdinand Marcos Jr Memulai Masa Jabatan Sebagai Presiden Filipina
ILUSTRASI. Philippine president-elect Ferdinand 'Bongbong' Marcos Jr. REUTERS/Lisa Marie David


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - MANILA. Ferdinand Marcos Jr memulai masa jabatan enam tahunnya sebagai presiden Filipina pada Kamis (30 Juni) menghadapi sejumlah tantangan, mulai dari meningkatnya inflasi dan pemulihan pandemi COVID-19 hingga menyeimbangkan hubungan antara negara adidaya yang bersaing, Amerika Serikat dan China.

Pria berusia 64 tahun, yang hanya diperbolehkan satu masa jabatan di jabatan puncak, belum mengisi semua jabatan Kabinet, tetapi sejauh ini dia telah menominasikan teknokrat berpengalaman untuk menangani ekonomi, membantu meredakan beberapa kekhawatiran pasar tentang kepresidenan dan kebijakannya yang kurang pengalaman.

Marcos Jr mewarisi ekonomi yang berada pada pijakan yang kokoh setelah bangkit kembali dari pandemi terburuk, tetapi ia akan berada di bawah tekanan untuk mempertahankan pemulihan itu sambil berjuang melawan inflasi yang melonjak. Menjinakkannya akan menjadi prioritas utamanya.

Baca Juga: Dua Janji Marcos Jr Setelah Mengambil Alih Pucuk Pimpinan di Filipina

Setelah berjanji selama kampanye untuk mengurangi separuh biaya beras, bahan pokok nasional, Marcos Jr telah menunjuk dirinya sendiri sebagai menteri pertanian, dengan alasan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan produksi pertanian untuk memperkuat ketahanan pangan dan juga menjaga harga pangan di bawah kendali.

Meningkatnya inflasi yang didorong oleh biaya makanan dan bahan bakar yang lebih tinggi telah mendorong Filipina untuk bergabung dengan rekan-rekan globalnya untuk mulai menarik kembali stimulus kebijakan. Gubernur bank sentral baru Felipe Medalla telah mengisyaratkan prospek serangkaian kenaikan suku bunga bertahap untuk memerangi inflasi yang tak terkendali.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×