kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Geely Resmi Menyelesaikan Akuisisi Saham Mayoritas di Meizu


Senin, 04 Juli 2022 / 14:59 WIB
Geely Resmi Menyelesaikan Akuisisi Saham Mayoritas di Meizu
ILUSTRASI. Geely Automobile. REUTERS/Kim Kyung-Hoon/File Photo


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Pabrikan mobil asal China, Zhejiang Geely Holding (Geely) mengumumkan bahwa perusahaan telah menyelesaikan akuisisi 79,09% saham di merek smartphone Meizu, kedua perusahaan mengatakan pada hari Senin (4/7) akan bekerja sama dalam teknologi seluler.

Dilansir dari Reuters, informasi tersebut dipublikasikan oleh badan anti-monopoli China, State Adiministration of Market Regulation. Lembaga tersebut mengumumkan bahwa Hubei Xingji Times Technology atau Xingji Times mengajukan akuisisi terhadap Zhuhai Meizu Technology atau dikenal sebagai Meizu. Namun, tidak diungkap berapa nilai akuisisi yang disepakati.

Meizu akan terus beroperasi sebagai merek independen di bawah Teknologi Xingji dan akan mencari kerja sama yang erat di berbagai bidang seperti pengembangan perangkat lunak, kata perusahaan dalam pernyataan bersama.

Baca Juga: Afiliasi Produsen Mobil Geely Meramaikan Pasar Ponsel di China

Ia menambahkan bahwa Xingji Technology saat ini sedang mengembangkan portofolio produk smartphone generasi berikutnya, perangkat seluler, dan perangkat pintar yang dapat dipakai yang akan memanfaatkan teknologi "realitas yang diperluas".

Bagi yang belum familiar, Xingji Times merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 2021 dengan modal terdaftar senilai 715 juta yuan atau sekitar Rp 1,5 triliun. Namun perusahaan belum memulai operasional bisnisnya. Geely Group memiliki saham sebesar 32% di Xingji Times dan menjadi pemegang saham terbesar.

Oleh karena itu, Geely memiliki peranan besar dalam hal akuisisi yang akan dilakukan Xingji Times. Adapun Meizu saat ini dikendalikan oleh Huang Xiuzhang dan Taobao China Software Company yang masing-masing memiliki saham sebesar 49,08% dan 27,23%.

Baca Juga: Geely Resmi Akuisisi 79,09% Saham Meizu

Sementara Geely merupakan perusahaan produsen mobil yang memiliki sumber daya yang dinilai dapat mendukung bisnis Meizu. Praktik ini sudah dijalankan misalnya pada mobil Zeekr 001 besutan Geely yang dilengkapi sistem infotainment Flyme for Car bikinan Meizu.

Belum diketahui bagaimana bisnis smartphone Meizu ke depannya setelah resmi diakuisisi Geely. Namun menurut memo internal yang diperoleh Reuters, Xingji Times ditargetkan menjual smartphone pertamanya pada tahun 2023 dan menjual 3 juta unit pada tahun pertamanya itu.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×