kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Goldman Sachs beli bisnis kartu kredit GM


Jumat, 02 Oktober 2020 / 17:43 WIB
Goldman Sachs beli bisnis kartu kredit GM
ILUSTRASI. Logo The Goldman Sachs. REUTERS/Lucas Jackson/File Photo


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Lini bisnis kartu kredit General Motor Co dilego ke Goldman Sachs Group Inc senilai US$ 2,5 miliar. Transaksi ini membuat penetrasi Goldman Sachs di bisnis pembiayaan makin dalam.

Maklum, salah satu perusahaan terbesar di Wall Street ini merupakan pendatang baru dalam bisnis kartu kredit. Setelah mengalahkan Barclays dalam penawaran, kini Goldman Sachs bakal mengelola bisnis kartu kredit senilai US$ 8,5 miliar per tahunnya. 

Meski pendatang baru, namun ini bukan pertama kali Goldman Sachs masuk ke bisnis ini, tahun lalu perusahaan telah berkongsi dengan Apple inc meluncurkan produk perdananya. Kini Goldman Sachs pun tengah mencari sejumlah kerja sama co-branding lainnya. 

Selain itu, Goldman Sachs juga telah mencapai kesepakatan dengan Capital One Financial, perusahaan yang menerbitkan kartu kredit buat GM sejak 2012. 
Melansir Wall Street Journal, Jumat (2/10), kesepakatan yang akan diteken dalam seminggu ke depan akan berisi soal tarif, dimana Goldman Sachs bakal membayar premium lebih tinggi dibandingkan yang dibayar GM sebelumnya. 

Baca Juga: Pasar saham AS anjlok, pasca Trump positif Covid-19

Sekaligus untuk melakukan penjualan silang dengan produk-produk Goldman Sachs seperti tabungan, kredit tanpa agunan, dan produk-produk investasi kepada pemegang kartu kredit GM. 

Karena tak memilik jaringan cabang, penetrasi ke pelanggan bakal dilakukan Goldman Sachs dengan menggandeng mitra lain. Ini seperti kerjasama yang dilakukan dengan Apple yang kini telah memiliki outstanding kartu kredit hingga US$ 4,5 miliar berkat kesepakatan dengan para pelanggan JetBlue Airways, dan merchant di Amazon.

Pegawai Google juga dibidik Goldmans Sachs jadi calon pelanggan anyarnya. 

Adapun dalam proposal penawaran sebelumnya, Goldman Sachs menjelaskan niatnya untuk menjadikan mobil, terutama mobil pintar sebagai salah satu media untuk berbelanja. 

Rencana ini juga telah didukung oleh para pelaku industri otomotif dan penerbit kartu kredit seperti Visa, serta Mastercard. 

Selanjutnya: Wall Street akhiri reli tiga hari jelang debat presiden AS




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×