kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Golongan darah mana yang rentan terserang Covid-19? Ini hasil penelitian terbaru


Selasa, 13 Juli 2021 / 06:15 WIB
Golongan darah mana yang rentan terserang Covid-19? Ini hasil penelitian terbaru
ILUSTRASI. Hasil riset terbaru menunjukkan, golongan darah Anda tidak ada hubungannya dengan risiko Anda tertular Covid-19 yang parah.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Tidak ada masalah jika Anda memiliki golongan darah A atau B, AB atau O. Hasil riset terbaru menunjukkan, golongan darah Anda tidak ada hubungannya dengan risiko Anda tertular Covid-19 yang parah.

Melansir WebMD, pada awal pandemi, beberapa laporan menunjukkan orang dengan golongan darah A lebih rentan terhadap Covid-19. Sedangkan mereka yang memiliki golongan darah O lebih kebal terhadap infeksi.

Namun, tinjauan terhadap hampir 108.000 pasien di jaringan kesehatan tiga negara bagian tidak menemukan hubungan sama sekali antara golongan darah dan risiko Covid-19.

"Sejak awal pandemi ini, ada hubungan yang didalilkan antara golongan darah dan kerentanan penyakit," kata Dr. Amesh Adalja, seorang sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins seperti yang dilansir WebMD.

Baca Juga: Mana saja golongan darah yang berisiko terserang penyakit jantung? Ini dia

"Dari penelitian besar ini, tampaknya tidak ada hubungan antara golongan darah dan kerentanan atau keparahan, dan penjelasan lain mungkin ada," tambah Adalja, yang tidak berperan dalam penelitian tersebut.

Sebuah laporan awal dari China menunjukkan bahwa golongan darah dapat mempengaruhi risiko Covid-19. Studi selanjutnya dari Italia dan Spanyol mendukung hal itu, kata para peneliti dalam catatan latar belakang.

Namun, penelitian lain dari Denmark dan Amerika Serikat menawarkan hasil yang beragam dan bertentangan.

Baca Juga: Waspada! Pemilik golongan darah ini dianggap lebih rentan terserang diabetes

Untuk memperjelas, para peneliti yang dipimpin oleh Dr. Jeffrey Anderson, dari Intermountain Medical Center Heart Institute di Murray, Utah, menganalisis data dari puluhan ribu pasien dengan Intermountain Healthcare, sistem kesehatan nirlaba dari 24 rumah sakit dan 215 klinik di Utah, Idaho dan Nevada.




TERBARU

[X]
×