kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,59   -6,76   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hacker dari tiga negara musuh bebuyutan AS ini terus mengincar Trump dan Biden


Jumat, 11 September 2020 / 10:46 WIB
Hacker dari tiga negara musuh bebuyutan AS ini terus mengincar Trump dan Biden
ILUSTRASI. A man holds a laptop computer as cyber code is projected on him in this illustration picture taken on May 13, 2017. Capitalizing on spying tools believed to have been developed by the U.S. National Security Agency, hackers staged a cyber assault with a se


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Microsoft Corp melaporkan bahwa para hacker dari Rusia, China dan Iran saat ini tengah memata-matai orang-orang terdekat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan penantangnya dari Partai Demokrat, Joe Biden. Hal itu dikatakan Microsoft pada hari Kamis (10/9) seperti dilansir Reuters.

Laporan Microsoft itu muncul ketika Reuters sebelumnya mengungkapkan bahwa salah satu firma penasihat kampanye utama Biden telah diperingatkan oleh raksasa perangkat lunak itu bahwa mereka berada di garis bidik hackers Rusia yang sama, yang ikut campur dalam pemilihan AS pada 2016 lalu.

Pernyataan Microsoft ini menyoroti bagaimana penasihat kedua tim kampanye presiden tersebut berisiko dibobol mata-mata digital di seluruh dunia, karena kedua kandidat tersebut saling berhadapan pada 3 November dalam salah satu pemilihan presiden AS yang paling berpengaruh dalam beberapa dekade.

Baca Juga: Akibat kasus peretasan, AS menuntut mantan kepala keamanan Uber

Wakil Presiden Microsoft untuk keamanan pelanggan, Tom Burt, mengatakan, kelompok yang dituduh melanggar email kampanye Hillary Clinton pada tahun 2016, yakni unit terkait intelijen militer Rusia yang secara luas dikenal sebagai Fancy Bear, telah tahun lalu telah mencoba membobol akun milik konsultan politik yang melayani Partai Republik dan Demokrat, serta organisasi advokasi dan lembaga lainnya.

Burt juga mengatakan, hacker China telah membidik orang-orang yang terkait erat dengan kampanye dan kandidat presiden AS, termasuk sekutu Biden yang tidak disebutkan namanya yang menjadi sasaran melalui alamat email pribadi dan setidaknya satu individu terkemuka yang sebelumnya terkait dengan Administrasi Trump.

Dia menambahkan bahwa hacker Iran, yang telah dipanggil Microsoft secara terbuka atas upaya memata-matai kampanye politik AS, telah mencoba masuk ke akun milik pejabat administrasi Trump dan anggota Staf kampanye presiden Republik.

Baca Juga: Most Americans sympathize with protests, disapprove of Trump's response: Reuters

Burt tidak menyebutkan nama konsultan politik yang terlibat dan Microsoft menolak berkomentar apakah SKDK termasuk di antara konsultan yang telah diidentifikasi sebagai target.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×