Hyundai Motor Bakal Bangun Pabrik Kendaraan Listrik Pertama di Korea Selatan

Selasa, 12 Juli 2022 | 08:43 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano, Ignatia Ivani
Hyundai Motor Bakal Bangun Pabrik Kendaraan Listrik Pertama di Korea Selatan

ILUSTRASI. Hyundai Group bakal bangun pabrik kendaraan listrik di Korea Selatan


KONTAN.CO.ID - SEOUL. Hyundai Motor Co berencana membangun pabrik kendaraan listrik atawa electric vehicle (EV) pertama di Korea Selatan. Produsen kendaraan bermotor tersebut menargetkan produksi pabrik anyar itu bisa dilakukan pada tahun 2025 mendatang.

Hal tersebut sejalan dengan rencana Hyundai Motor Group, yang menaungi Hyundai Motor dan Kia Corp, untuk menginvestasikan dana sebesar 63 triliun won atau setara US$ 48,07 miliar di Korea Selatan hingga tahun 2025.

Mengutip Reuters (12/7), serikat pekerja mengatakan bahwa perusahaan membuat janji itu selama negosiasi upah yang sedang berlangsung. Sementara, Hyundai Motor tidak segera memberikan komentar terkait rencana pembangunan pabrik kendaraan listrik tersebut.

Baca Juga: Perkembangan Ekonomi Domestik Dapat Topang Kinerja Industri Otomotif

Awal bulan ini, serikat pekerja Hyundai Motor di Korea Selatan sempat berniat melakukan pemogokan kerja untuk pertama kalinya dalam empat tahun. Hal tersebut dilakukan atas tuntutan upah yang lebih tinggi dan kemarahan bahwa manajemen Hyundai yang lebih memprioritaskan investasi luar negeri.

Pengumuman pembangunan pabrik kendaraan listrik di Negeri Ginseng ini muncul setelah produsen mobil terbesar Korea Selatan itu mengumumkan akan menginvestasikan US$ 5,5 miliar untuk membangun fasilitas manufaktur EV dan baterai penuh di Georgia, Amerika Serikat (AS).

Fasilitas EV di Georgia dijadwalkan akan dimulai pada awal 2023 dan memulai produksi komersial pada paruh pertama 2025, menurut Hyundai Motor di bulan Mei silam.

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru