kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45894,30   6,57   0.74%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Alasan Benjamin Netanyahu Membubarkan Kabinet Perang Israel


Selasa, 18 Juni 2024 / 05:45 WIB
Ini Alasan Benjamin Netanyahu Membubarkan Kabinet Perang Israel
ILUSTRASI. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membubarkan kabinet perang yang bertugas mengawasi pertempuran di Gaza.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - YERUSALEM. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membubarkan kabinet perang yang bertugas mengawasi pertempuran di Gaza.

Mengutip AP, hal tersebut diungkapkan oleh seorang juru bicara pemerintah Israel pada Senin (17/6/2024).

Pembubaran kabinet perang dilakukan selang beberapa hari setelah seorang anggota penting badan tersebut mengundurkan diri dari pemerintah karena frustrasi terhadap cara pemimpin Israel dalam menangani perang.

Langkah ini sudah diperkirakan secara luas setelah kepergian Benny Gantz, mantan panglima militer berhaluan tengah. 

Ketidakhadiran Gantz dalam pemerintahan meningkatkan ketergantungan Netanyahu pada sekutu ultra-nasionalisnya, yang menentang gencatan senjata. 

Hal ini dapat menimbulkan tantangan tambahan terhadap perundingan yang sudah rapuh untuk mengakhiri perang delapan bulan di Gaza.

Pejabat pemerintah mengatakan Netanyahu akan mengadakan forum yang lebih kecil untuk membahas isu-isu sensitif perang, termasuk dengan kabinet keamanannya.

Baca Juga: Benjamin Netanyahu Melarang Militer Israel Berhenti Menyerang Gaza

Kabinet tersebut mencakup mitra pemerintahan sayap kanan yang menentang perjanjian gencatan senjata dan menyuarakan dukungan untuk menduduki kembali Gaza.

Kabinet perang dibentuk pada hari-hari awal perang, ketika Gantz, yang saat itu merupakan pemimpin partai oposisi dan saingan Netanyahu, bergabung dengan koalisi untuk menunjukkan persatuan setelah serangan Hamas terhadap Israel selatan pada 7 Oktober. 

Dia menuntut agar ada badan pengambil keputusan kecil yang mengarahkan perang, dalam upaya untuk mengesampingkan anggota sayap kanan pemerintahan Netanyahu. 

Kelompok ini terdiri dari tiga anggota – Gantz, Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant.

Langkah untuk membubarkan kabinet perang ini terjadi ketika Israel menghadapi keputusan-keputusan yang lebih penting.

Israel dan Hamas sedang mempertimbangkan proposal terbaru untuk gencatan senjata dengan imbalan pembebasan sandera yang disandera oleh Hamas selama serangan tersebut. 

Pasukan Israel masih tertahan di Jalur Gaza, bertempur di kota selatan Rafah dan melawan kebangkitan Hamas di tempat lain, selain peningkatan dramatis pekan lalu di perbatasan utara dengan Lebanon.

Baca Juga: Pemilu AS 2024: Ini Pandangan Joe Biden Soal Ekonomi hingga Perang Gaza




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×