kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45998,26   9,51   0.96%
  • EMAS944.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Ini calon-calon menteri kabinet Joe Biden


Selasa, 24 November 2020 / 14:24 WIB
Ini calon-calon menteri kabinet Joe Biden
ILUSTRASI. Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden mulai menunjuk anggota kabinetnya.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden mulai menunjuk anggota kabinetnya. Ia menunjuk ahli kebijakan luar negeri dan keamanan nasional yang berpengalaman untuk menduduki jabatan-jabatan penting sejalan dengan janjinya untuk memulihkan hubungan global AS dan berdiri sebagai pemimpin dunia.

Kandidat menteri yang akan diangkat juga mencerminkan janji Biden untuk membangun pemerintahan yang mencerminkan keragaman bangsa.

Berikut adalah beberapa kandidat menteri kabinet Biden yang dihimpun Reuters.

Menteri Luar Negeri: Anthony Blinken

Blinken merupakan orang kepercayaan lama Biden yang pernah Wakil Menteri Luar Negeri dan wakil penasihat keamanan nasional di pemerintahan Presiden Barack Obama. Blinken ditunjuk sebagai menteri luar negeri pilihan Biden pada Senin (23/11).

Baca Juga: Trump telah memberi lampu hijau untuk melakukan transisi pemerintahan kepada Biden

Penasihat Keamanan Nasional: Jake Sullivan

Sullivan menjabat penasihat keamanan nasional Biden saat Biden masih menjabat sebagai wakil presiden di era Obama. Sullivan juga menjabat sebagai wakil kepala staf Menteri Luar Negeri Hillary Clinton. Dia diangkat sebagai penasihat keamanan nasional Biden pada Senin (23/11).

Menteri Keamanan Dalam Negeri: Alejandro Mayorkas

Pengacara kelahiran Kuba ini akan menjadi orang Latin pertama dan imigran pertama yang mengepalai departemen Keamanan Dalam Negeri. Sebelumnya, ia pernah menjadi kepala Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi di pemerintahan Obama.

Direktur Intelejen Nasional: Avril Haines

Wakil penasihat keamanan nasional era Obama ini merupakan wanita pertama yang menjabat sebagai wakil direktur CIA. Saat ini, Haines adalah calon direktur intelijen nasional di pemerintahan Biden.

Haines memegang beberapa jabatan di Universitas Columbia setelah meninggalkan pemerintahan Obama pada 2017.

Duta Besar AS di PBB: Linda Thomas-Greenfield

Calon Biden untuk duta besar AS berikutnya di PBB adalah Thomas-Greenfield. Dia adalah wanita kulit hitam yang menjabat sebagai diplomat tertinggi Obama di Afrika dari 2013 hingga 2017, memimpin kebijakan AS di sub-Sahara Afrika selama wabah Ebola Afrika Barat.

Utusan Presiden Khusus untuk Iklim: John Kerry

Mantan Senator dan Menteri Luar Negeri ini akan bertindak tusan khusus untuk iklim di pemerintahan Biden. Kerry membantu merundingkan kesepakatan iklim Paris dan ingin Biden bergabung kembali.

Menteri Keuangan

Biden mengatakan pekan lalu bahwa dia telah memilih menteri keuangan dan akan mengumumkan pilihan tersebut pada hari libur Thanksgiving AS, Kamis mendatang.

Janet Yellen, mantan Ketua Fed diyakini menjadi kandidat teratas untuk menteri keuangan

Baca Juga: Investor menyambut Yellen sebagai calon menteri keuangan AS di era pemerintahan Biden




TERBARU
Certified Supply Chain Analyst (CSCA) Batch 7 Financial Modeling Fundamental

[X]
×