kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,25   -4,93   -0.53%
  • EMAS960.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.05%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

​Inilah 20 negara paling bahagia di dunia, mayoritas di Eropa


Sabtu, 24 Oktober 2020 / 06:25 WIB
​Inilah 20 negara paling bahagia di dunia, mayoritas di Eropa


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Negara paling bahagia di dunia kembali disematkan ke Finlandia. Dalam hasil studi World Happines Report yang diterbitkan Maret 2020 tersebut, Finlandia menempati posisi teratas. 

Laporan tersebut merangkum rata-rata dari tahun 2017 hingga 2019 dari 153 negara yang disurvei. Finlandia adalah negara yang terkenal dengan museum, taman, hingga seni budayanya terebut menempati posisi teratas dari 156 negara yang disurvei. 

Disebutkan, sejumlah faktor yang membuat penduduk merasa bahagia tinggal di negaranya yakni mengacu pada jaringan layanan sosial yang baik, pemerintahan yang jujur, kepercayaan sosial, lingkungan yang aman, dan kehidupan yang sehat. 

Selain Finlandia, negara yang paling bahagia di dunia yakni Denmark, Swiss, Islandia, Norwegia, Belanda, Swedia, Selandia Baru, Austria, dan Luxemburg. Sementara, Indonesia berada di peringkat 84, persis di bawah Vietnam yang berada di peringkat 83. 

Baca Juga: Mewakili 26 negara, China kritik upaya pelanggaran HAM AS dan negara barat lainnya

Finlandia

Istana kepresidenan Finlandia. Finlandia adalah negara paling bahagia di dunia

Ada beberapa hal yang membuat Finlandia dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia. Tingkat korupsi pejabat di Finlandia disebut sangat rendah. Bahkan, kepolisian di Finlandia disebut sebagai polisi paling dapat dipercaya di dunia. 

Dari hasil survei, hampir tak ada tindakan korupsi dan kebrutalan yang dilakukan lembaga kepolisian Finlandia. Sementara dikutip dari Kompas.com (21/3/2019), Finlandia juga menarik pajak yang tinggi kepada warga. Namun, pajak tersebut diinvestasikan untuk sistem jaminan sosial, yang dikenal sebagai Kela. 

Kela digunakan untuk menyediakan layanan kesehatan gratis untuk semua warga negara dan penduduk Finlandia, dukungan pengangguran, pendidikan tinggi gratis, bahkan 'kotak Kela' gratis untuk setiap bayi yang lahir di Finlandia.

Baca Juga: Jadi yang terbaik, ini 5 fakta menarik sistem pendidikan di Finlandia




TERBARU

[X]
×