kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,98   -12,52   -1.36%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Rilis Data Inflasi AS, Saham-saham di AS Menguat


Selasa, 14 Februari 2023 / 14:35 WIB
Jelang Rilis Data Inflasi AS, Saham-saham di AS Menguat
ILUSTRASI. Jelang rilis laporan data inflasi di Amerika Serikat (AS), saham-saham di AS menguat pada Senin kemarin (13/2). REUTERS/Andrew Kelly


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang rilis laporan data inflasi di Amerika Serikat (AS), saham-saham di AS menguat pada Senin kemarin (13/2). Padahal, seminggu sebelumnya bursa saham di AS sempat anjlok, bahkan menjadi yang terburuk sepanjang tahun 2023 ini. Investor juga tengah waspada dan berhati-hati menanti laporan data inflasi.

Seperti dilansir Yahoo Finance pada Selasa (14/2), S&P 500 (GSPC) naik sekitar 1,2%, sementara Dow Jones Industrial Average (DJI) melonjak 380 poin, atau 1,1%. Nasdaq Composite (IXIC) yang berbasis teknologi naik 1,5%.

Sebelumnya, saham Fidelity National Information Services (FIS) anjlok 12,5% menyusul berita bahwa perusahaan pembayaran ini berencana untuk memisahkan bisnis merchant-nya dan mengalami kerugian sebesar US$17,6 miliar setelah akuisisi yang gagal.

Baca Juga: Menanti Laporan Indeks Harga Konsumen (IHK) AS, Akankah Pasar Saham Terpukul?

Pada minggu depan, para investor akan mendapatkan hasil laporan keuangan dari emiten-emiten unggulan seperti Airbnb (ABNB), Coca-Cola (KO), DraftKings (DKNG), Paramount Global (PARA), dan Deere (DE).

Adapun, pada hari Jumat (10/2), saham AS menutup kinerja mingguan terburuk mereka di tahun 2023. S&P 500 ditutup turun 1,1% untuk minggu ini, Dow Jones Industrial Average 0,2%, dan Nasdaq Composite 2,4%.

Sementara itu, para ekonom memperkirakan Consumer Price Index (CPI) utama akan naik 0,5%. Laporan CPI minggu ini mengkalibrasi ulang ekspektasi suku bunga tinggi akan terjadi di tahun ini setelah Ketua The Fed Jerome Powell menyiratkan dalam pidatonya minggu lalu akan ada pertempuran melawan inflasi.

Adapun, hampir sepanjang tahun ini, banyak yang bertaruh bahwa bank sentral AS akan menghentikan kampanye kenaikan suku bunganya tahun ini.

"Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama, dan tidak akan berjalan mulus," ujar Powell dalam sebuah wawancara dengan miliarder investor David Rubenstein di Economic Club of Washington, D.C., pada hari Selasa lalu.

"Kami mungkin perlu melakukan kenaikan suku bunga tambahan," sambungnya.

Baca Juga: Perusahaan Teknologi Asuransi Roadzen Akan Go Public via SPAC Senilai US$ 965 Juta

Nicholas Colas dari DataTrek mengatakan, kombinasi data ekonomi yang kuat dan panduan Fed (laporan pekerjaan bulan Januari dan komentar Powell minggu lalu, sebagian besar) telah meyakinkan pasar bahwa suku bunga mungkin akan naik lebih tinggi.

"Laporan CPI minggu ini akan merupakan hal penting dalam hal memberikan pasar lebih banyak informasi mengenai masalah utama ini," lanjut Nicholas.

Pada minggu lalu, FedWatch Tool CME Group, yang mengukur ekspektasi pasar untuk suku bunga federal fund, menunjukkan kisaran dengan probabilitas tertinggi di akhir tahun adalah 4,50-4,75%, atau suku bunga saat ini. Perkiraan modal baru sekarang berada pada 4,75-5,00%.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×