kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jepang buka pintu masuk untuk empat negara ASEAN, Indonesia tidak termasuk


Selasa, 08 September 2020 / 06:59 WIB
Jepang buka pintu masuk untuk empat negara ASEAN, Indonesia tidak termasuk
ILUSTRASI. Komuter menggunakan masker pelindung saat berangkat bekerja di tengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Osaka, Jepang, Kamis (21/5/2020). Kyodo/via REUTERS


Sumber: NHK | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Pemerintah Jepang akhirnya mulai yakin untuk mmebuka kembali pintu masuk bagi para pelancong yang berasal dari sejumlah negara di kawasan Asia.

NHK melaporkan, Selasa (8/9), Jepang menghapus pembatasan kunjungan bagi pelancong dari Taiwan dan empat negara ASEAN, yakni Malaysia, Kamboja, Laos, dan Myanmar.

Dengan ini para pendatang bisa melakukan perjalanan bolak-balik dari Jepang ke negara-negara tersebut. Saat ini Jepang memprioritaskan untuk membuka pintu bagi negara yang dinilai sudah mampu mengendalikan pandemi.

Sebelum ini Jepang juga sudah mengurangi aturan pembatasan perjalanan bagi pendatang yang berasal dari Thailand dan Vietnam.

Sampai akhir bulan nanti, pemerintah Jepang berharap bisa segera mencapai kesepakatan dengan Singapura untuk saling menerima kunjungan.

Baca Juga: Singapura dan Brunei sepakat membuka 'jalur hijau' khusus untuk perjalanan bisnis

Selain negara-negara kawasan Asia Tenggara tersebut, NHK melaporkan bahwa pemerintah Jepang juga sedang melobi pemerintah China, Korea Selatan, dan Australia.

Pembukaan pintu kunjungan ini diharapkan bisa menghidupkan kembali ekonomi Jepang secara bertahap.

Sudah direncanakan sejak bulan Agustus

Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan pada Jumat (28/8), bahwa Jepang akan mencabut larangan masuk kembali bagi orang asing mulai bulan depan.

Pengumuman itu datang beberapa jam sebelum berita tentang Abe berencana mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Jepang karena masalah kesehatan.

Baca Juga: Fakta menarik, separuh warga Jepang justru merasa lebih sehat sejak pandemi




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×