kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapal serbu amfibi Type 075 ketiga China meluncur, bisa bawa helikopter dan tank


Senin, 01 Februari 2021 / 23:30 WIB
Kapal serbu amfibi Type 075 ketiga China meluncur, bisa bawa helikopter dan tank


Sumber: Global Times | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - China meluncurkan kapal serbu amfibi Type 075 ketiga pada Jumat (29/1) pekan lalu, sebuah genre kapal perang yang sering disebut sebagai pembawa helikopter dengan kemampuan melakukan misi pendaratan amfibi.

Dengan bantuan dari beberapa kapal tunda, kapal serbu amfibi Type 075 buatan dalam negeri ketiga China meluncur dari Galangan Kapal Hudong-Zhonghua di Shanghai, Global Times melaporkan.

Kapal serbu amfibi Type 075 pertama rilis pada 25 September 2019, dan yang kedua di 22 April 2020. Ketiganya dibangun di Shanghai.

Pembangunan yang cepat dan terkonsentrasi serta peluncuran Type 075 menunjukkan China tidak menghadapi kesulitan teknis saat membangun kapal perang kelas ini, Wei Dongxu, analis militer, mengatakan kepada Global Times.

Baca Juga: China beri peringatan, AS kirim 4 pembom B-52H ke Pulau Guam Pasifik

Pangkalan maritim portabel 

Menurut beberapa ahli militer, China memiliki kebutuhan strategis dan taktis yang mendesak dalam pengembangan kapal serbu amfibi. Artinya, butuh kapal perang jenis itu untuk menjaga integritas dan kedaulatan teritorial di Laut China Selatan, termasuk Taiwan, yang China klaim sebagai wilayahnya.

Dengan desain yang canggih, kapal serbu amfibi Type 075 memiliki dek penerbangan datar untuk membawa helikopter yang bisa dengan cepat mengirim pasukan dari jarak jauh di laut ke garis depan pantai atau ke posisi pertahanan musuh. 

Wei menyebutkan, kapal serbu amfibi  Type 075 dapat membawa helikopter serang untuk memberikan dukungan tembakan bagi pasukan pendaratan. Bahkan, bisa mengangkut tank tempur utama dan kendaraan lapis baja di dek hanggar.

Lebih banyak kapal serbu amfibi Type 075 akan meningkatkan kemampuan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dan secara efektif melindungi kepentingan luar negeri China.

Sebab, "Kapal perang kelas ini dapat bertindak sebagai pangkalan maritim portabel dalam misi amfibi," kata Wei.

Baca Juga: GJ-11, drone tempur siluman China yang siap menyelinap dan hancurkan musuh




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×