CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Uzbekistan Mengalami Pemadaman Listrik Serentak


Rabu, 26 Januari 2022 / 11:44 WIB
Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Uzbekistan Mengalami Pemadaman Listrik Serentak
ILUSTRASI. Pembangkit Listrik Aksu Eurasia Resources Group (ERG) di pinggiran kota Aksu, timur laut Kazakhstan, 21 Februari 2018. REUTERS/Shamil Zhumatov


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - ALMATY. Pemadaman listrik serempak terjadi di Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Uzbekistan pada hari Selasa (25/1). Saluran listrik ketiga negara ada di jalur yang sama dan mengalami gangguan di Kazakhstan.

Operator jaringan KEGOC melaporkan bahwa saluran listrik Utara-Selatan di Kazakhstan, yang juga terhubung dengan dua negara tetangganya, terputus pada Selasa pagi karena ketidakseimbangan darurat di bagian jaringan Asia Tengah.

Dilansir dari Reuters, pemadaman listrik serempak ini menyebabkan gangguan di hampir seluruh wilayah selama beberapa jam. Kereta bawah tanah dilaporkan sempat terjebak.

Baca Juga: Thailand Izinkan Warganya Menanam Ganja di Rumah untuk Kebutuhan Medis

Bukan cuma itu, banyak warga yang akhirnya terjebak di lift, layanan bandara terpaksa ditutup, sistem pemanas dan pompa air mati, serta gangguan lampu lalu lintas di banyak wilayah.

Media lokal melaporkan bahwa pemadaman terjadi di kota terbesar Kazakhstan, Almaty dan beberapa kota besar di selatan yang dekat dengan perbatasan Uzbekistan dan Kyrgystan. 

Bandara di ibu kota Uzbekistan, Tashkent, juga dilaporkan harus tutup dan berhenti menerima penerbangan.

Baca Juga: Presiden Kazakhstan: Tujuan Utama Kerusuhan Ini adalah Kudeta

Meskipun demikian, tidak ada satu pun dari ketiga negara Asia Tengah itu yang melaporkan adanya masalah dengan pembangkit listrik mereka yang diduga menyebabkan ketidakseimbangan.

Kazakhstan memang mulai secara rutin memutus pasokan listrik mereka dan melakukannya dari 24 Januari hingga akhir bulan karena mengalami kekurangan listrik setelah masuknya penambang cryptocurrency.

Saat ini otoritas Uzbekistan dan Kyrgystan telah memulai kembali penggunaan pembangkit listriknya meskipun akan tetap terputus dari jaringan Asia Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×