kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kebakaran hutan terjadi di dekat Berlin, ratusan orang terpaksa dievakuasi


Selasa, 28 Agustus 2018 / 00:34 WIB
Kebakaran hutan terjadi di dekat Berlin, ratusan orang terpaksa dievakuasi
ILUSTRASI. Kebakaran lahan


Sumber: DW.com | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - DW. Lebih dari 300 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan api yang melalap hutan di pingiran Berlin pada hari Jumat (24/08). Evakuasi warga dilakukan di desa-desa yang terletak di dekat hutan:Frohnsdorf, Klausdorf dan Tiefenbrunnen.

Penduduk diminta bergegas meninggalkan rumah mereka dan hanya mengambil barang-barang mereka yang paling berharga seperti tanda pengenal  dan obat-obatan.

Sebagian besar dari 540 penduduk desa tinggal kawasan tersebut.  "Telah terjadi beberapa kali kebakaran hutan sebelumnya tetapi tidak pernah sebesar ini," kata Walikota Treuenbrietzen, Michael Knappe.  Ahli meteorologi tidak dapat memprediksi apakah hujan akan turun di area yang terbakar.

Besarnya ‘si jago merah‘ mempengaruhi lalu lintas kereta api regional antara Wannsee dan Jüterbog, serta beberapa kereta yang menuju  dari dari daerah di seluruh Jerman timur.

Kebakaran Meluas

Christian Stein, seorang pejabat lokal distrik Potsdam-Mittelmark, mengatakan kepada wartawan bahwa kebakaran pada hari Kamis (23/08) terjadi di beberapa tempat dan mencakup area seluas sekitar 300 hektar.

Gumpalan asap yang meningkat dilaporkan terlihat dari sejauh 10 kilometer jauhnya.  Api tidak lagi hanya membakar tanah tetapi juga menyebar ke puncak pohon, tambahnya.

Pihak berwenang juga memperingatkan bahwa angin kencang bisa menyebabkan abu dan asap dari desa-desa  yang dievakuasi sampai ke distrik selatan Berlin.

Cuaca panas ekstrem

Kawasan Brandenburg telah mengalami musim panas yang sangat panas tahun ini, dan curah hujan telah langka selama beberapa bulan. Daerah luas telah mengering sebagai akibatnya, meningkatkan risiko kebakaran.

Diperkirakan risiko yang lebih besar bisa terjadi jika semakin lama api terus mengamuk sebab kawasan itu  terletak di daerah yang sarat dengan amunisi, yakni di antara distrik Potsdam-Mittelmark dan Teltow-Fläming. Pusat kendali regional Brandenburg mengatakan telah terjadi beberapa ledakan.  Ada beberapa bom bekas perang dunia kedua yang belum ditemukan dan dijinakkan.

"Ada tempat-tempat yang tidak bisa kami datangi," kata juru bicara layanan darurat, seraya menambahkan bahwa petugas pemadam kebakaran dipaksa untuk tetap berada di jalan yang telah dibersihkan di beberapa area.




TERBARU

[X]
×