kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kementerian Perdagangan China: Beijing dan Washington setuju untuk bertemu di Oktober


Kamis, 05 September 2019 / 10:11 WIB
Kementerian Perdagangan China: Beijing dan Washington setuju untuk bertemu di Oktober
ILUSTRASI. Pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden China Xi Jinping saat KTT G20

Sumber: CNBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Kementerian Perdagangan China pada Kamis (5/9) mengatakan, para pimpinan AS dan China untuk urusan perdagangan telah melakukan komunikasi lewat telepon pagi tadi. Kedua belah pihak sepakat untuk bertemu pada awal Oktober dengan agenda melakukan negosiasi ulang tentang perdagangan.

Dalam pernyataannya, Kemdag China menulis, Liu He, top negotiator China untuk perdangan, telah berbicara dengan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

Baca Juga: Perang dagang memukul AS, Trump: China akan lebih menderita

Dalam pernyataan kepada CNBC, juru bicara Perwakilan Perdagangan AS mengonfirmasi adanya telepon yang dilakukan. Namun, tidak demikian dengan pertemuan Oktober mendatang.

Menurut Beijing, kedua belah pihak setuju untuk menggelar ronde terbaru negosiasi perdagangan di Washington DC pada awal bulan depan. Konsultasi akan dilakukan pada pertengahan September untuk membahas persiapan pertemuan.

"Kedua belah pihak sepakat bahwa mereka harus bekerja sama dan mengambil tindakan praktis untuk menciptakan kondisi yang nyaman dalam negosiasi nanti," demikian pernyataan dalam bahasa China yang dikutip CNBC.

Baca Juga: Wall Street rebound, kabar dari China meredakan kekhawatiran perlambatan ekonomi

Sebelumnya, kedua belah pihak telah mengindikasikan mereka akan bertemu pada bulan September. Namun, ketegangan perdagangan antara dua negara dengan perekonomian terbesar dunia itu meningkat dalam beberapa minggu terakhir. Putaran terakhir dari tarif pembalasan atas barang-barang bernilai miliaran dolar dari masing-masing negara mulai berlaku pada hari Minggu (1/9).

 




TERBARU

Close [X]
×