kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45736,44   -5,94   -0.80%
  • EMAS1.016.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.24%
  • RD.CAMPURAN -0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Ketegangan dengan China meningkat, Kapal Induk AS gelar latihan di Laut China Selatan


Sabtu, 15 Agustus 2020 / 09:58 WIB
Ketegangan dengan China meningkat, Kapal Induk AS gelar latihan di Laut China Selatan
ILUSTRASI. Beberapa pesawat dari Carrier Air Wing 5 terbang dalam formasi di atas kapal induk milik Angkatan Laut USS Ronald Reagan di Laut Cina Selatan pada 9 Oktober 2019. Ini terjadi hanya sehari setelah Angkatan Laut AS mengumumkan telah mengkarantina seluruh aw

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Kapal Induk Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) kembali menggelar latihan perang di Laut China Selatan yang disengketakan pada hari Jumat (14/8). Latihan perang itu dilakukan di tengah ketegangan AS dengan China yang menantang kehadiran militer AS di kawasan.

Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan mengatakan, latihan perang itu dipimpin kapal induk USS Ronald Reagen. Dalam latihan ini, USS Ronald Reagen melakukan latihan operasi penerbangan dan latihan stabilitas maritim kelas atas.

Komandan Angkatan Laut AS, Joshua Fagan, mengatakan, latihan itu dilakukan untuk meningkatkan integrasi dengan mitra AS di kawasan.

Baca Juga: Bersitegang dengan China, AS relokasi pembom B.52H yang bawa bom nuklir ke Guam

“Integrasi dengan mitra bersama kami sangat penting untuk memastikan daya tanggap  dan mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ujar Joshua, di atas kapal USS Ronald Reagen, seperti dilansir Reuters, Sabtu (15/8).

Latihan angkatan laut AS itu terjadi di tengah makin memanasnya hubungan AS-Tiongkok. Washington mengkritik respons Beijing atas respons virus corona yang justru dimanfaatkan untuk mendorong klaim teritorial China di Laut China Selatan dan tempat lain, di saat negara lain tengah sibuk menghadapi pandemi.

AS telah lama menentang klaim teritorial China yang luas di Laut China Selatan dan mengirim kapal perang secara teratur melalui jalur perairan strategis tersebut.

Baca Juga: Para pemimpin ASEAN kecam Beijing, 2 kapal induk AS latihan tempur di Laut Filipina



TERBARU

[X]
×