kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   0,00   -0.00%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Kinerja cemerlang, laba bersih Dell melonjak lebih dari empat kali lipat


Rabu, 24 November 2021 / 07:16 WIB
Kinerja cemerlang, laba bersih Dell melonjak lebih dari empat kali lipat
ILUSTRASI. Dell Technologies cetak kinerja mengesankan setelah pendapatan naik 21% dan laba bersih melonjak lebih dari empat kali lipat di kuartal ketiga

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dell Technologies Inc berhasil mencatat kinerja cemerlang pada kuartal III-2021. Ini terlihat dari laba produsen laptop ini yang melonjak lebih dari empat kali lipat di periode tersebut.

Kenaikan ini terjadi karena dampak dari permintaan untuk komputer pribadi dan servernya yang juga tumbuh setelah banyak bisnis yang mengadopsi model kerja hybrid di tengah pandemi Covid-19.

Mengutip Reuters (24/11), laba bersih Dell melonjak menjadi US$ 3,89 miliar, atau US$ 4,87 per saham, pada kuartal ketiga yang berakhir 29 Oktober.

Asal tahu saja, pada periode yang sama tahun 2020, laba Dell hanya mencapai US$ 881 juta atau US$ 1,08 per saham.

Pandemi Covid-19 yang mengganggu aktivitas tatap muka di banyak industri membuat jutaan konsumen telah mulai bekerja dan belajar dari rumah. Ini mengakibatkan kebutuhan akan komputer yang lebih baik dan lebih cepat pun semakin tinggi.

Pendapatan di unit solusi klien Dell yang merupakan rumah bagi produk perangkat kerasnya, naik 35% pada kuartal tersebut dan mencatatkan pendapatan operasional mencapai US$ 1,1 miliar.

Baca Juga: Jeff Bezos sumbang US$ 100 juta untuk Obama Foundation

Sementara itu, pendapatan dari grup solusi infrastruktur, yang mencakup bisnis pusat data, naik 5% menjadi US$ 8,4 miliar pada kuartal tersebut. Total pendapatan Dell pun melonjak 21% secara tahunan (yoy) menjadi US$ 28,39 miliar di akhir Oktober 2021.

Dell mendapat manfaat karena memiliki beragam portofolio aliran pendapatan, mulai dari perangkat lunak dan perangkat keras, dan sekarang perusahaan juga mencoba memasuki pasar dengan pertumbuhan tinggi, seperti komputasi, cloud, dan telekomunikasi, yang telah memperoleh daya tarik sejak pandemi dimulai.

Unit komputasi awan baru Dell, VMware, membukukan kenaikan pendapatan 10% selama kuartal tersebut. VMWare sendiri telah menyelesaikan spin-outnya dari Dell, yang memiliki 81% dari perusahaan perangkat lunak, untuk menjadi perusahaan publik yang terpisah pada 1 November.

Sementara itu, produsen PC saingan Dell, HP Inc, juga melaporkan laba kuartalan yang naik lebih dari empat kali lipat menjadi US$ 3,09 miliar, dan mengatakan unit sistem pribadinya membukukan kenaikan pendapatan sebesar 13%.

 

 

Selanjutnya: Saham big cap: IHSG merah, UNVR naik 3 hari, ARTO, BMRI, BBNI turun terdalam




TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×