kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kini, bandara Thailand dapat keluarkan hasil tes Covid-19 dalam waktu 70 menit


Kamis, 23 Juli 2020 / 10:23 WIB
Kini, bandara Thailand dapat keluarkan hasil tes Covid-19 dalam waktu 70 menit
ILUSTRASI. Situasi di bandara Thailand. REUTERS/Jorge Silva


Sumber: Xinhua | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BANGKOK. Pusat Administrasi Situasi Covid-19 Thailand (CCSA) mengatakan, Departemen Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Masyarakat (DCD) telah meningkatkan fasilitas pengujian Covid-19 di bandara internasional Suvarnabhumi, di mana sekarang mampu mengeluarkan hasil tes Covid-19 dalam kurun waktu 70 menit.

"Ketika fasilitas itu didirikan pada 1 Juli di laboratorium Point of Care RT-PCR bandara, butuh sekitar 90 menit untuk menentukan apakah penumpang yang tiba diuji positif atau negatif untuk Covid-19," kata juru bicara CCSA, Dr Taweesin Visanuyothin seperti yang dikutip dari Xinhua.

Baca Juga: Destinasi backpacker murah di Asia Tenggara, cocok untuk liburan pasca pandemi

"Sekarang, hanya butuh 70 menit untuk hasilnya keluar; namun dengan meningkatnya tingkat kedatangan di Thailand dan kedatangan pengusaha asing di masa depan, DCD harus meningkatkan tes laboratorium Covid-19 RT-PCR," katanya.

"Sekarang lab bandara mampu menguji 170 penumpang yang datang per hari," kata Suthirawat Suwanawat, manajer umum Bandara Suvarnabhumi.

Namun, Suthirawat mengatakan bahwa biaya tes tidak akan ditanggung oleh bandara atau pemerintah Thailand.

Baca Juga: Corona di ASEAN: Total 6.005 korban meninggal, Indonesia dan Filipina waspada

Xinhua melaporkan, biaya tes reaksi rantai polimerase (PCR) akan dibayarkan oleh pelancong yang datang, dengan harga 3.000 baht (US$ 96) per orang.

Taweesin mengatakan bahwa penumpang yang hasil tesnya negatif tidak perlu melalui karantina wajib 14 hari, tetapi tidak akan diizinkan untuk menggunakan transportasi umum atau mengunjungi tempat-tempat umum.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×