kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korban Tewas 7 Orang, Banjir Korea Selatan Berpotensi Semakin Parah


Selasa, 09 Agustus 2022 / 14:57 WIB
Korban Tewas 7 Orang, Banjir Korea Selatan Berpotensi Semakin Parah
ILUSTRASI. Korban Tewas 7 Orang, Banjir Korea Selatan Berpotensi Semakin Parah


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Seoul. Korea Selatan dilanda bencana banjir besar. Banjir di Korea Selatan tahun 2022 ini adalah yang terbesar dalam 80 tahun terakhir.

Banjir bandang yang menerjang Korea Selatan ini menyebabkan tujuh orang tewas. Selain itu, sebanyak tujuh orang lainnya dilaporkan masih hilang hingga Selasa (9/8/2022) siang akibat banjir di Korea Selatan.

Banjir di Korea Selatan kali ini terjadi setelah hujan lebat yang memecahkan rekor mengguyur sejak Senin (8/8/2022) siang waktu setempat. Stasiun kereta bawah tanah di Seoul ikut terendam banjir di Korea Selatan.

Diperkirakan, banjir di Korea Selatan ini bisa semakin parah pada hari selanjutnya. Pihak berwenang setempat telah memperingatkan hujan susulan masih mungkin akan terjadi di Seoul dan menyebabkan dampak lebih parah.

Foto-foto yang tersebar di media sosial pada Senin malam menunjukkan banjir di Seoul, Ibu Kota Korea Selatan memengaruhi banyak hal. Di sejumlah jalan Korea Selatan, banjir mencapai setinggi pinggang.

Baca Juga: Curah Hujan Sebulan yang Turun dalam Satu Hari Jadi Penyebab Banjir di Seoul

Mobil-mobil pun terendam di distrik Gangnam, Seoul, yang sangat terpukul ketika hujan deras mengguyur kota di Korea Selatan tersebut.

Menurut Kantor Berita Yonhap Seoul, hujan penyebab banjir kali ini adalah hujan terbesar yang terjadi di Korea Selatan dalam 80 tahun terakhir. "Sedikitnya tujuh orang tewas di wilayah metropolitan Seoul, sementara tujuh lainnya hilang, akibat hujan lebat pada pukul 07.30 pagi ini," kata seorang pejabat di Kementerian Dalam Negeri Seoul kepada AFP.

Laporan lokal mengatakan tiga orang yang tinggal di sebuah banjiha -flat basement sempit seperti yang terkenal di "Parasite" pemenang Oscar Bong Joon-ho- meninggal ketika apartemen mereka terendam oleh banjir Korea Selatan.

Data dari Administrasi Meteorologi Korea Selatan menunjukkan distrik Gangnam menerima curah hujan 326,5 milimeter pada Senin. Gangnam adalah sebuah distrik kaya di Seoul selatan.

Gangnam sangat familiar di telinga banyak orang di dunia setelah diperkenalkan dalam lagu berjudul "Gangnam Style" oleh Psy pada 2012.

Yonhap mengatakan hujan penyebab banjir di Korea Selatan ini adalah yang terberat yang tercatat sejak 1942. Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol memerintahkan pejabat pemerintah untuk mengevakuasi penduduk dari daerah berisiko tinggi dan mendorong bisnis untuk mengizinkan karyawan jam pulang pergi yang fleksibel pada Selasa pagi.

"Hujan deras yang memecahkan rekor di wilayah tengah sejak kemarin telah menyebabkan banyak kerusakan, termasuk korban yang tidak beruntung," kata Yoon di Facebook pada Selasa.

Dia menambahkan pemerintah Korea Selatan akan memberikan "pemulihan segera dan dukungan kerusakan" akibat banjir. Lingkungan yang dekat dengan kediaman Presiden di Seoul selatan terpengaruh, foto banjir yang diposting di media sosial menunjukkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banjir Bandang Terjang Seoul, 7 Orang Tewas, Mobil-mobil di Gangnam Terendam",


Penulis : Irawan Sapto Adhi
Editor : Irawan Sapto Adhi




TERBARU

[X]
×