kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,80   -7,56   -0.81%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korsel Minta Korut Lakukan Pemberitahuan Sebelum Membuka Bendungan di Perbatasan


Senin, 05 September 2022 / 09:46 WIB
Korsel Minta Korut Lakukan Pemberitahuan Sebelum Membuka Bendungan di Perbatasan
ILUSTRASI. Kawasan perbatasan Korea


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pemerintah Korea Selatan mengatakan, telah berusaha mengirim surat resmi yang meminta Korea Utara untuk memberikan pemberitahuan sebelum melepaskan air dari bendungan yang berada di dekat perbatasan. Hal ini dilakukan jelang Topan Hinnamnor yang mendekati kawasan semenanjung Korea.

Senin (5/9), Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan, permintaan tersebut telah disampaikan selama panggilan telepon harian antar kedua negara melalaui jalur komunikasi penghubung antar Korea pada pukul 9 pagi waktu setempat. Namun, Pyongyang, bagaimanapun, tidak mengklarifikasi apakah akan menerima pesan itu.

"Kami berusaha mengirim permintaan resmi atas nama menteri unifikasi ke Korea Utara meminta pemberitahuan sebelumnya jika memutuskan untuk melepaskan air dari daerah perbatasan dengan pertimbangan kekhawatiran atas kerusakan akibat Topan Hinnamnor yang menuju utara," Cho Joong-hoon , juru bicara kementerian, mengatakan selama konferensi pers reguler.

Baca Juga: Korea Selatan Laporkan Kasus Kedua Cacar Monyet

"Tetapi Korea Utara mengakhiri panggilan itu tanpa secara jelas menyatakan apakah mereka bersedia menerima surat itu," tambahnya.

Korea Utara telah mengeluarkan peringatan tentang potensi hujan lebat di kota perbatasan Kaesong dan daerah lain di negara itu pada hari ini karena Topan Hinnamnor, yang merupakan topan ke-11 tahun ini, secara bertahap bergerak ke utara untuk mencapai perairan di pulau selatan Jeju.

Di bawah perjanjian antar-Korea yang ditandatangani pada Oktober 2009, Korea Utara setuju untuk memberi tahu Korea Selatan sebelumnya tentang rencananya untuk melepaskan air bendungan, menyusul kecelakaan mematikan yang menewaskan enam warga Korea Selatan setelah Korea Utara membuang air dari Bendungan Hwanggang tanpa pemberitahuan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×