Lama menghilang, Jack Ma kedapatan bermain golf di sebuah pulau di China

Kamis, 11 Februari 2021 | 16:56 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Lama menghilang, Jack Ma kedapatan bermain golf di sebuah pulau di China

ILUSTRASI. Jack Ma dikabarnya terlihat bermain golf di Resor Golf Sun Valley di Hainan, China.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah berbulan-bulan orang berspekulasi akan keberadanaanya, Jack Ma akhirnya dikabarnya terlihat  bermain golf di Resor Golf Sun Valley di Hainan, China. Pendiri Alibaba Group tersebut tidak terlihat di publik sejak mengkritik bank sentral China ketika jadi pembicara dalam sebuah konferensi teknologi finansial pada Oktober 2020.

Sumber Bloomberg seperti dikutip Kamis (11/2) mengatakan, Jack Ma terlihat melakukan tee off permainan golf dalam beberapa pekan terakhir di Sun Valley Golf Resort. Ia digambarkan seperti seorang pemain golf pemula

Sun Valley Golf Resort itu terletak di Pulau Hainan, tidak jauh dari daratan China. Resor yang memiliki lapangan golf dengan 27 lubang itu disebut menawarkan pemandangan hijau yang luas dan pemandangan menakjubkan.

Berbagai spekulasi terkait keberadaan Jack Ma bermunculan dalam beberapa bulan terakhir. Ada yang menyebut kemungkinan milliader itu telah melarikan diri ke Singapura. Ada pula yang menyebut, Jack Ma kemungkinan telah ditempatkan di bawah tahanan rumah oleh pemerintah China. Bahkan, ada yang berspekulasi ia dikurung di penjara dengan keamanan tinggi.

Baca Juga: Ant Group kemungkinan lanjutkan rencana IPO setelah sepakat lakukan restrukturisasi

Sebelum penampakan ini, mantan guru bahasa Inggris itu sebetulnya sudah muncul dalam sebuah kegiatan telekonferensi dengan guru pedesaan pada 20 Januari lalu.  Agenda ini merupakan Penghargaan Guru Pedesaan Jack Ma, yang menyoroti guru berprestasi di daerah miskin dan pedesaan.

Kemunculan Jack Ma itu membantu meredakan spekulasi tentang penahanan terhadap dirinya. Dugaan penahanan terus mencuat karena Partai Komunis China sebagai penguasa terus menekan kerajaan bisnis Alibaba.

Tamasya golf Ma menambah bukti baru-baru ini bahwa pengusaha yang blak-blakan itu telah atau setidaknya untuk saat ini menghindari skenario mimpi buruk seperti dipenjara atau penyitaan asetnya oleh pemerintah.

Baca Juga: Alibaba bakal terbitkan obligasi berdenominasi dolar AS senilai US$ 5 miliar

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru