kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Membangun Naver setelah hengkang dari Samsung (2)


Rabu, 03 Oktober 2018 / 15:31 WIB
Membangun Naver setelah hengkang dari Samsung (2)
ILUSTRASI. FENOMENA - Lee Hae-jin


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tri Adi

Awal karier Lee Hae-jin yang memiliki otak cemerlang tidak main-main. Ia langsung bekerja di Samsung SDS yang bergerak di bidang layanan dan penyediaan jasa teknologi informasi (TI). Setelah beberapa waktu memiliki pengalaman di sana, Lee memutuskan hengkang untuk bisa mendirikan perusahaan sendiri bernama Naver Corporation. Tidak hanya menawarkan layanan mesin pencari, Lee ekspansif menambahkan layanan berbasis teknologi lewat perusahaannya.

Dalam perjalanan kariernya, Lee Hae-jin memang diberkahi dengan kecerdasan yang di atas rata-rata. Terbukti, pria kelahiran Seoul, Korea Selatan 14 November 1967 ini menyandang gelar Bachelor of Arts and Science dari Seoul National University dan Master of Science dari Korea Advanced Institute of Science and Technology. Kedua perguruan tinggi tersebut merupakan salah satu yang terbaik di negara asalnya. Pun, awal mula karier Lee terbilang cemerlang.

Menurut artikel yang dilansir oleh The Investor, tahun 1992, Lee memulai awal karier dengan bekerja di Samsung SDS. Ini adalah anak perusahaan dari perusahaan raksasa Grup Samsung, yang bergerak di bidang layanan dan penyediaan jasa teknologi informasi (TI).

Sebagai seseorang yang jenius dan memiliki masa depan gemilang di perusahaan besar itu, Lee justru memutuskan untuk hengkang dan mendirikan perusahaan sendiri yang diberi nama Naver Corporation, yang kemudian diubah namanya menjadi Next Human Network (NHK) Corporation pada 2001. Ini merupakan perusahaan penyedia layanan mesin pencari (search engine) seperti Google.

Ia sempat bergabung dengan salah satu portal gim Hangame untuk mengembangkan bisnis. Naver merupakan salah satu portal web paling populer di Korea Selatan yang diluncurkan oleh sang miliuner pada Juni 1999 silam. Tak beda jauh dengan inspirasinya yakni Google, selain menjadi mesin pencari, Naver juga memiliki layanan internet termasuk kabar berita, layanan surat elektronik, layanan pencarian tesis akademik, dan portal anak-anak.




TERBARU

[X]
×