Sumber: Reuters | Editor: Tri Sulistiowati
KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Pesawat siluman J-35A China yang sangat dinanti-nantikan bakal mengudara untuk pertama kalinya pekan ini. Sayangnya, para ahli hanya mengetahui sedikit tentang kemampuan pesawat siluman J-35A.
Penampilan publik pertama pesawat J-35A berbasis darat akan berlangsung pada hari Selasa (12/11), sehari setelah ulang tahun ke-75 berdirinya Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF), dan akan mencakup pertunjukan terbang. Varian lain, J-35, dirancang untuk digunakan dengan kapal induk China.
Sekedar info, pesawat siluman buatan China ini terbang setelah 10 tahun setelah pendahulunya J-31 terbang pertama kalinya. Namun, hanya sedikit detail terkait spesifikasi yang dipublikasikan terkait kinerja dan kemampuan pesawat J-35A.
Baca Juga: Elon Musk Dukung Senator Republik Rick Scott Sebagai Pemimpin Senat AS
“Karena kotak hitam biasanya menyelimuti pengembangan teknologi militer PLA, kami tidak akan terlalu yakin dengan kinerja J-35," kata Collin Koh dari Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam, membuka tab baru di Singapura.
"Ilmuwan RRC ... telah melakukan berbagai penelitian STEM dan lanjutan selama bertahun-tahun terkait teknologi jet tempur, termasuk teknologi siluman, jadi saya sarankan untuk tidak bergabung dengan para skeptis untuk menolak mentah-mentah pesawat itu," kata Koh.
J-35 dan J-35A dirancang dan dibangun oleh Shenyang Aircraft Corporation, sebuah unit milik negara Aviation Industry Corporation of China.
Kantor berita People's Daily yang dikendalikan negara mengatakan menjelang pertunjukan udara, J-35A akan melaksanakan tugas untuk merebut dan mempertahankan supremasi udara.
Kedua varian J-35 jauh lebih kecil daripada pesawat siluman China lainnya, pesawat tempur J-20 berbasis darat. Diperkirakan 200 J-20 beroperasi dengan PLAAF.
J-35A secara sepintas mirip dengan Lockheed Martin F-35, yang bentuknya - dari badan pesawat hingga permukaan kontrol - dirancang untuk meminimalkan seberapa besar tampilannya di radar.
Tidak diketahui publik apakah model J-35 memiliki lapisan penyerap radar khusus, seperti yang dimiliki F-35, atau sistem komunikasi dan radar yang sulit dideteksi.
Tiongkok berusaha mendesain mesin jet turbofan berkinerja tinggi, mengandalkan teknologi Rusia untuk versi awal pesawat tempur domestiknya.
Namun, J-31 menggunakan mesin WS-13 yang dirancang Tiongkok dan J-35A dapat dilengkapi dengan WS-19 yang lebih canggih, kata para analis, yang berpotensi hingga 10% lebih bertenaga.
Teknologi mesin sangat penting untuk pesawat tempur canggih, karena efisiensi memerlukan jangkauan yang lebih jauh, kemampuan untuk membawa lebih banyak perlengkapan dan senjata, dan kecepatan yang lebih tinggi.
"Tidak pernah terlalu yakin tentang banyak hal kecuali bentuk rangka pesawat dari pertunjukan udara ini," kata Peter Layton, pakar pertahanan dan penerbangan di Griffith Asia Institute.
"Mesin yang digunakan selalu menjadi pertanyaan." tambahnya.
Atas nama militer asing dan analis keamanan mengamati dengan saksama evolusi varian J-35, mengingat pentingnya varian tersebut bagi program kapal induk Beijing.
Meskipun tiga kapal induk Tiongkok masih dalam tahap pelatihan dan pengembangan serta belum melakukan operasi jarak jauh di luar Asia Timur, varian J-35 yang sukses diharapkan akan menjadi bagian penting dari kemampuan Angkatan Laut PLA untuk memproyeksikan kekuatan di luar perairan.
Pameran Penerbangan & Dirgantara Internasional Tiongkok selama enam hari berlangsung di Zhuhai dari 12-17 November.
Baca Juga: Tiongkok Tolak Mentah-Mentah Undang-Undang Maritim Baru Filipina, Ini Alasannya