kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mencekam! Kecelakaan kereta gantung Italia tewaskan 14 orang


Senin, 24 Mei 2021 / 05:57 WIB
Mencekam! Kecelakaan kereta gantung Italia tewaskan 14 orang
ILUSTRASI. Sedikitnya 14 orang, termasuk lima warga Israel, tewas dan seorang anak terluka parah dalam kecelakaan kereta gantung yang mencekam pada Minggu (23/5/2021) di Italia.


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - ROMA. Sedikitnya 14 orang, termasuk lima warga Israel, tewas dan seorang anak terluka parah dalam kecelakaan kereta gantung yang mencekam pada Minggu (23/5/2021) di Italia. Kereta gantung itu menghubungkan Danau Maggiore Italia dengan gunung di dekatnya. 

Melansir Reuters, kereta gantung Stresa-Mottarone membawa turis dan penduduk lokal dari kota di Danau Maggiore, hampir 1.400 meter di atas permukaan laut ke puncak gunung Mottarone dalam 20 menit.

Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah diberitahu oleh otoritas Italia bahwa lima warga negaranya termasuk di antara yang tewas dan satu warga Israel dalam kondisi kritis.

"Kami merasa hancur, dan merasakan sakit," jelas Marcella Severino, walikota Stresa kepada penyiar RAI. 

Baca Juga: Berkah Pariwisata 2021 dari Krisis Covid-19

Sementara, Perdana Menteri Italia Mario Draghi menyuarakan belasungkawa kepada keluarga para korban.

Adapun kronologi kecelakaannya, menurut Severino, kereta gantung sedang melakukan perjalanan ke atas gunung ketika kabinnya jatuh sekitar 20 meter ke tanah dan berguling menuruni lereng curam beberapa kali sebelum akhirnya terhenti karena menyangkut di pepohonan.

Orang-orang yang mendaki di dekat lokasi kecelakaan mendengar desisan keras sebelum kecelakaan. Mereka juga bilang, kecelakaan itu diyakini disebabkan oleh salah satu kabel yang putus.

Severino mengatakan, beberapa korban ditemukan terperangkap di dalam kereta gantung, dan sebagian lainnya terlempar ke dalam hutan.

Baca Juga: Unik, tempat wisata rasa Eropa ini ada di Bogor

Petugas penyelamatan mulai mengidentifikasi para korban, termasuk warga negara asing, katanya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Layanan penyelamatan alpine Italia mengatakan panggilan pertama datang tepat setelah tengah hari (10.00 GMT). Dijelaskan bahwa kereta gantung itu tergeletak "kusut" di hutan dan dua anak dibawa dengan helikopter ke rumah sakit anak di dekat kota Turin.




TERBARU

[X]
×